POLITIK

Kedaulatan di Natuna Harga Mati, Prabowo: Kita Cool Saja

Prabowo Subianto. (Foto: istimewa)

Kate.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan bahwa kedaulatan Indonesia atas Pulau Natuna dan wilayah perairannya merupakan harga mati. Hal ini terkait arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai Natuna.

“Ya kan jelas, beliau sudah katakan kedaulatan harga mati, tapi jangan kita panas-panasi,” kata Prabowo ditemui di halaman Istana Negara, Jakarta pada Kamis (9/1/2019), dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurut dia, wilayah teritorial yakni 12 mil dari garis pangkal kepulauan dan lebih dari itu merupakan zona ekonomi eksklusif (ZEE). Untuk ZEE sendiri, kapal internasional diperbolehkan berlayar melaluinya.

“Nah kalau eksploitasi ikan, atau eksploitasi mineral, itu harus kerja sama, harus izin (kepada) kita,” sebut Prabowo.

Dia menilai ketegangan yang terjadi karena insiden kapal-kapal Tiongkok masuk ke wilayah ZEE Indonesia dapat diselesaikan dengan negosiasi bilateral. “Kita cool saja, selalu saya katakan,” tambah Prabowo.

Ramai diberitakan, kapal-kapal Tiongkok masuk ke wilayah ZEE Indonesia di perairan Natuna. Lalu Kapal Perang KRI Tjiptadi-381 pada Senin (30/12/2019) telah berhasil mengusir kapal coast guard Tiongkok yang tengah mengawal kapal-kapal ikan melakukan aktivitas di Perairan Natuna Utara, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top