METROPOLIS

Kaltim Peringati HUT Ke-63, Ini Tiga Kado Istimewa untuk Masyarakat

Logo HUT ke-63 Kaltim.

Kate.id – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memperingati usianya yang ke-63 tahun pada Kamis (9/1/2020). Sepanjang perjalanan tahun tersebut, berbagai progres pembangunan telah berhasil dicapai, termasuk di ulang tahun ke-63 kali ini.

Menurut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, setidaknya ada tiga kado istimewa tersaji untuk rakyat Kaltim dalam rentang satu tahun pelaksanaan visi “Berani Untuk Kaltim Berdaulat” ini. Berikut tiga kado istimewa untuk rakyat Kaltim sebagaimana dikutip dari laman resmi Pemprov Kaltim:

KALTIM DIPILIH JADI IBU KOTA NEGARA

Presentasi desain ibu kota negara di Kaltim.

Dipilihnya Kaltim sebagai calon ibu kota negara untuk menggantikan DKI Jakarta dengan berbagai pertimbangan. Pemindahan ibu kota negara, tentu akan mendorong melimpahnya ratusan triliun rupiah ke Kaltim. Untuk pembangunan kawasan ibu kota negara saja, pemerintah memperkirakan tidak kurang dari Rp 256 triliun. Alokasi dana pembangunan yang hampir-hampir tak pernah dibayangkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Pemindahan ibu kota negara diprediksi juga akan mendorong laju investasi. Perputaran uang akan semakin meningkat, dan pertumbuhan ekonomi Kaltim pun akan melaju pesat. Gubernur Kaltim Isran Noor bahkan memperkirakan, dalam beberapa tahun ke depan, ekonomi Kaltim akan tumbuh hingga 15 persen.

JALAN TOL BALIKPAPAN-SAMARINDA

Peresmian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Kado kedua yaitu Jalan Tol Balikpapan Samarinda yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 17 Desember tahun lalu. Jalan tol pertama di Pulau Kalimantan itu akan mempercepat arus penumpang dan barang, sekaligus akan menjadi penghubung (konektivitas) antarkawasan industri, di Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang dan Kutai Timur di masa depan.

UJI COBA JEMBATAN MAHAKAM IV

Jembatan Mahakam IV masuk tahap uji coba.

Kado ketiga adalah peresmian uji coba Jembatan Mahakam IV oleh Gubernur Isran Noor, Kamis (2/1/2020) di awal tahun ini. Seperti rencana awalnya, kehadiran jembatan ini diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Jembatan Mahakam I, sekaligus mempercantik wajah Kota Tepian Samarinda, ibu kota Provinsi Kaltim. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top