ADVERTORIAL

DPRD Kaltim Buka Masa Sidang I Tahun 2020, Makmur HAPK Harap Kinerja Lebih Baik

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK membuka masa sidang I tahun 2020 DPRD Provinsi Kaltim.

SAMARINDA, Kate.id – Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Makmur HAPK mengetok palu pembukaan masa sidang I tahun 2020 DPRD Provinsi Kaltim, dalam rapat paripurna ke-1 di Gedung D Lantai 6, Senin (6/1/2020). Masa sidang ini dilakukan untuk menyusun program DPRD Kaltim di awal tahun 2020 ini. Mulai dari kegiatan lembaga, dan alat kelengkapan dewan (AKD) dari komisi dan badan. 

Selain itu, dilakukan juga evaluasi atas kinerja anggota DPRD Kaltim pada masa sidang I sebelumnya di tahun 2019 atau sejak dilantik anggota DPRD Kaltim periode 2019-2024. 

“Selama 4 bulan terakhir ini, syukur alhamdulillah semua anggota telah melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik. Komisi- komisi dan badan- badan efektif melaksanakan tugasnya. Dapat menjadi bahan untuk kami memasuki pembahasan anggaran tahun 2021 nanti,” katanya, kepada awak media usai memimpin paripurna. 

Meski demikian, menurut Makmur, dari hasil masa sidang sebelumnya, ada sejumlah catatan yang harus dilakukan evaluasi untuk ke depan. Misalnya saja terkait pencapaian penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di Sekretariat DPRD Kaltim. Diharapkan dapat lebih maksimal di tahun yang akan datang. 

“Pencapaian anggaran belanja daerah harapan kita harus lebih baik dari tahun kemarin,” harap mantan Bupati Berau ini. 

Dalam laporan kinerja masa sidang I tahun 2019 yang disampaikan oleh, Sekretaris DPRD Kaltim Muhammad Ramadhan disebutkan, realisasi anggaran di tahun 2019 terbagi dua. Yaitu belanja sekretariat dan DPRD Kaltim. 

Untuk belanja sekretariat dari pagu sebesar Rp 140,7 miliar terealisasi sebesar Rp 133,9 miliar atau 95,16 persen. Dengan rincian belanja tidak langsung dengan pagu sebesar Rp 12,8 miliar terealisasi sebesar Rp 11,4 miliar dan belanja langsung dari pagu Rp 127,8 miliar terealisasi sebesar Rp 122,4 miliar atau 95,8 persen. 

“Yang kedua, belanja DPRD Kaltim dengan rincian belanja tidka langsung dengan pagu sebesar Rp 45,3 miliar realisasi sebesar Rp 42,6 miliar atau 94,50 persen,” sebutnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top