WISATA

Tingkatkan Wisman ke Kaltim, Pemprov Buka Pusat Informasi Pariwisata di Bali

Salahsatu Destinasi Wisata Kaltim di Kepulauan Derawan, Kab. Berau. (Dok. Humas Pemprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Kalimantan Timur, Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim akan membuat Pusat Informasi Pariwisata Kaltim (PIPK) di Provinsi Bali.

Kepala Dispar Kaltim Sri Wahyuni, mengatakan pusat informasi wisata di Bali merupakan salah satu pilar (pemasaran) dari empat pilar yang akan dilaksanakan seperti pilar destinasi, industri dan kelembagaan.

“Dalam tahun 2020 ini, kita akan membuat PIPK sebagai upaya atau menjemput Wisman maupun wisatan nusantara (wisnus) yang berkunjung di Bali. Agar nantinya berkunjung ke daerah kita,” kata Sri Wahyuni di Kantor Gubernur Kaltim, belum lama ini.

Sejumlah resort di Pulau Maratua, Derawan, Berau, Provinsi Kaltim. (Dok. Instagram/hvtrip)

Ia menjelaskan, hadirnya pusat informasi tersebut guna mempromosikan destinasi eksotis di Kaltim yang tidak kalah menarik dengan destinasi-destinasi lainnya di tanah air. Ia mengakui, jika destinasi wisata di Kaltim belum populer seperti di Bali. Olehkarena itu, dengan hadirnya pusat infromasi tersebut dapat menjadi rujukan bagi Wisman yang tengah berwisata di Bali agar dapat mencoba destina ke Kaltim.

“Kaltim sudah ada connecting flight Denpasar -Samarinda dan Denpasar Balikpapan. Namun destinasi apa yang kita punya, masih banyak belum diketahui orang. Diharapkan keberadaan PIPK di Bali dapat membantu peningkatan kunjungan wisman maupun wisnus ke Kaltim,” papar Sri Wahyuni.

Tak hanya itu, menurutnya, untuk memaksimalkan pemasaran ataupun promosi pariwisata Kaltim ini, nantinya juga akan dilaksanakan lunch gathering antara gubernur dengan konsulat jenderal negara-negara di Bali. Tahun ini juga akan mencoba promosi investasi pariwisata.

“Termasuk membuat kajian model untuk salah satu kawasan strategis pariwisata. Difasilitasi Kementerian Pariwisata,  Gubernur Kaltim akan mengundang pelaku usaha pariwisata untuk melihat potensi mereka dalam berinvestasi pariwisata di Kaltim,” ungkap Sri Wahyuni.

Kunjungan Wisman ke Kaltim di 2019 Capai 2.963 Orang

Labuan Cermin di Kepulauan Derawan, Berau, Kaltim. (Dok. instagram/@hvtrip)

Pada tahun 2019, periode dari Januari hingga November, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, jumlah kunjungan Wisman ke Provinsi Kaltim mencapai 2.963 orang.

“Jumlah tersebut naik 521 orang ketimbang periode yang sama ditahun sebelumnya yang berjumlah 2.442 wisman,” kata Kepala BPS Kaltim Anggoro Dwitjayono, dalam rilis ekspos akjir tahun 2019 baru-baru ini. 

Angka tersebut masih jauh dari ideal ditengah eksotisnya destinasi wisata di Kaltim yang layak untuk dikunjungi oleh Wisman. Seperti Wisata Alam dan Bahari. Olehkarena itu, pemprov berusaha memaksimalkan potensi tersebut. 

Jika diperhatikan perkembangan wisman ke Kaltim dalam tiga tahun terakhir, maka tingkat kunjungannya berfluktuasi, misalnya pada November 2017 terdapat 417 wisman, November 2018 terdapat 146 wisman, dan November 2019 ada 253 wisman.

Jika dilihat berdasarkan asal negara, wisman yang berkunjung ke Kaltim didominasi olej tiga negara, yakni dari Singapura, Malaysia dan Jerman. Selebihnya dari pelbagai negara lainnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top