SELEB

Dituduh Langgar Hak Cipta, Perusahaan Gywneth Paltrow Digugat

Gywneth Paltrow dalam salah satu wawancara. (Foto: Mike Cohen/ The New York Times)

Kate.id – Perusahaan milik aktris Hollywood Gywneth Paltrow, Goop digugat. Tak tanggung-tanggung, fotografer Larry Singer selaku penggugat menggugat dengan tuntutan sebesar 150 ribu dolar AS atau sekitar Rp 2 miliar. Pasalnya Goop diklaim melanggar hak cipta atas foto-foto Singer.

E!News melaporkan, perusahaan yang bergerak di ranah gaya hidup itu digugat Singer dengan tuduhan melakukan pelanggaran hak cipta atas penggunaan foto Rumah Bonnet. Pengacara Singer mengklaim, Goop tidak melisensikan foto Singer tersebut untuk laman perusahaan itu. Goop juga tidak memiliki izin atau persetujuan Singer untuk menerbitkan foto di lamannya.

Diketahui, pihak Goop menggunakan foto milik Singer yaitu foto rumah di Fort Lauderdale, sebagai panduan perjalanan untuk Kota Floridian yang diunggah di laman perusahaan mereka. Menurut dokumen pengadilan, Singer meminta kompensasi 150 ribu dolar AS dan setiap keuntungan yang diperoleh Goop dari foto tersebut. Sementara itu, juru bicara untuk Goop menolak berkomentar.

Ini bukan pertama kalinya perusahaan milik Gwyneth Paltrow itu digugat. Pada 2018, merek tersebut dibawa ke pengadilan atas klaim mereka bahwa telur yoni dapat “menyeimbangkan hormon, mengatur siklus menstruasi, mencegah prolapsus uterus, dan meningkatkan kontrol kandung kemih,” di antara manfaat lainnya.

Tetapi seperti yang diduga sebagian orang, telur-telur tersebut tidak memiliki hasil yang diinginkan seperti yang diklaim Goop. Akibatnya, Goop dipaksa untuk membayar USD 145 ribu dan dilarang membuat klaim mengenai kemanjuran produknya tanpa memiliki bukti ilmiah yang kompeten dan dapat diandalkan. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top