ADVERTORIAL

Jembatan Kembar Samarinda Diresmikan, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo: Sudah Dinanti Masyarakat

Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo (kanan) saat menghadiri peresmian Jembatan Mahakam IV atau Jembatan Kembar Samarinda, Kamis (2/1/2020) malam.

SAMARINDA, Kate.id – Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam menyelesaikan pembangunan Jembatan Mahkota IV atau Jembatan Kembar Samarinda. Jembatan yang menghubungkan dua kecamatan, Samarinda Kota dan Seberang tersebut telah resmi dibuka, Kamis (2/1/2020) malam. 

“Alhamdulillah, akhirnya jembatan sudah selesai dan dapat dinikmati oleh masyarakat,” katanya saat peresmian jembatan tersebut yang dilakukan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor dan Forkopimda Kaltim lainnya. 

Politikus PAN ini menyatakan, jembatan tersebut sudah lama dinantikan oleh masyarakat Kaltim khususnya warga Kota Samarinda. Selain menjadi ikon baru Kota Tepian, kata dia, fungsi jembatan kembar ini juga diharapkan dapat mengurai kepadatan yang kerap terjadi. 

Sigit berpesan agar fasilitas yang telah dibangun tersebut dijaga dan dirawat. “Pemerintah sudah membangun, dan sekarang tanggung jawab menjaga dan merawat adalah kewajiban kita bersama,” ucapnya.

Menurutnya, pembangunan Jembatan Mahakam IV ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mengurai kemacetan yang terjadi di Jembatan Mahakam. Karena selama ini memang kerap terjadi penumpukan kendaraan di daerah jembatan. 

Dia sangat setuju dengan rencana Pemprov yang membatasi lalu lintas jembatan kembar. Di mana, kendaraan yang dapat melintas di atas Jembatan Mahakam IV dikhususkan hanya roda dua dan roda empat dengan maksimal beban jembatan yaitu delapan hingga sepuluh ton.

“Dari arahan Pak Gubernur tadi kita dengar begitu. Sementara untuk kendaraan yang memiliki beban yang berat seperti truk saat ini masih dilarang melintas,” ungkapnya.

Peresmian Jembatan Mahakam IV ini dilakukan secara seremoni dengan menyalakan lampu tematik yang diakses melalui smart phone oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, didampingi Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo dan Forkopimda Kaltim lainnya. Penyalaan lampu itu sekaligus menandakan open traffic kendaraan melintasi jembatan tersebut. Diketahui, jembatan Mahakam IV dibangun dengan total anggaran Rp 640 miliar dengan skema anggaran tahun jamak dari APBD Kaltim. (hd)

Comments

BERITA TERBARU

To Top