METROPOLIS

Gubernur Kaltim Ajak Jajaran Kemenag Jadi Agen Perubahan Perkuat Kerukunan Antar Umat

Gubernur Kaltim Isran Noor menjadi inspektur upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama di GOR Segiri Samarinda, Jumat (3/1/2020).

SAMARINDA, Kate.id – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengajak jajaran Kementerian Agama (Kemenag) diwilayahnya untuk menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama. 

Hal itu disampaikan Isran saat upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama di GOR Segiri Samarinda, Jumat (3/1/20). Peringatan HAB Kemenag kali ini mengangkat tema ‘Umat Rukun, Indonesia Maju’. Upacara diikuti ratusan peserta terdiri ASN lingkup Kanwil Kemenag Kaltim, mahasiswa dan pelajar. 

Dalam kesempatan tersebut, Isran mengajak seluruh jajaran Kemenag menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air. “Kerukunan antar umat beragana merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi naaional,” katanya.

Kemenag, menurut Isran, hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, jajaran Kemenag  harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis secara kontekstual di tengah masyarakat.

Kondusifitas Kaltim Semakin Kuat

Gubernur Kaltim Isran Noor menyerahan anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya (SLKS) kepada 46 ASN di lingkup Kementerian Agama Provinsi Kaltim. (Dok. Humas Pemprov Kaltim)

Isran juga menegaskan, kondusifitas di Kaltim semakin kuat seiring dengan semakin rukunnya antar umat beragama di Bumi Etam. Bahkan sejak dua tahun terakhir atau selama kepemimpinannya, Isran menilai kerukunan dan kehidupan damai antar umat beragama sangat terasa, sehingga setiap pelaksanaan hari besar keagaman tetap aman.

“Bagus. Kondusifitas kita selalu terjaga. Kaltim sangat kondusif. Itu yang diharapkan masyarakat. Ini kerjasama kita semua,” kata Isran. 

Ia mencontohkan, bukti kerukunan antar umat beragama di Kaltim seperti saat perayaan Natal 2019 dan pergantian tahun baru 2020 lalu. Dimana keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terjaga dan terpelihara dengan baik. Demikian pula, perayaan hari besar keagamaan umat lainnya di Kaltim.

“Jadi benar kalau umat hidup rukun, kita semua bahagia. Karenanya, mari kita jaga dan pelihara keamanan dan kedamaian yang sudah terwujud. Semua kita terlibat menciptakan kondusifitas daerah,” ajak Isran.

Kampanyekan Sikap Toleransi

Kakanwil Kemenag Sofyan Noor bersama Gubernur Kaltim Isran Noor di acara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama di GOR Segiri Samarinda, Jumat (3/1/2020). (Dok. Humas Pemprov Kaltim)

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim Sofyan Noor mengungkapkan, menciptakan kerukunan antar umat beragama tak hanya menjadi tugas lembaganya, namun menjadi tanggungjawab bersama semua pihak termasuk masyarakat. 

“Kita semua atau setiap orang berkewajiban menjaga dan menciptakan kerukunan umat melalui toleransi kehidupan beragama. Sesuai tema Hari Amal Bhakti Kemenag, Umat Rukun, Indonesia Maju,” jelasnya.

Keyakinan beragama oleh masing-masing umat beragama harus absolut. Namun, ungkap Sofyan, setiap pemeluk agama harus menghormati dan menghargai pemeluk agama lain, sehingga tercipta harmonisasi dan toleransi kehidupan beragama, termasuk di Kaltim.

Di Kaltim, menurutnya hubungan antar umat beragama telah berjalan harmonis. Meski demikian, pihaknya akan tetap menjaga situasi kerukunan antar umat beragama semakin baik kedepannya. Salahsatu upaya yang dilakukan yaitu dengan terus mengkampanyekan sikap toleransi beragama. “Prinsipnya, meyakini agama yang dianut benar tetapi tetap memberikan ruang agama lain untuk mengamalkan ajarannya,” imbuhnya. 

Upacara dirangkai penyerahan anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya (SLKS) kepada 46 ASN di lingkup Kementerian Agama Provinsi Kaltim. (lim)

Comments

BERITA TERBARU

To Top