FILM

Tujuh Film Hollywood Terlaris Sepanjang 2019

cuplikan film Toy Story 4.

TAHUN 2019 akan berlalu dalam hitungan hari berganti Tahun Baru 2020. Banyak hal terjadi selama tahun ini, salah satunya di bidang hiburan perfilman. Tahun 2019 dipenuhi beragam film menarik dengan variasi genre yang ada. Beberapa di antaranya menjadi yang terlaris dan mencatatkan box office di industri perfilman Hollywood.

Dilansir Kate.id dari berbagai sumber, Disney mendominasi film terlaris sepanjang 2019 lewat film-film animasi dan juga film jagat sinematik pahlawan super Marvel. Namun film dari produksi lain juga tak mau kalah dan ikut menjadi yang terlaris. Berikut ini hitungan mundur tujuh film box office terlaris sepanjang 2019:

7. Joker

Dengan anggaran produksi mencapai USD 55 juta, film adaptasi tokoh komik DC populer, Joker sanggup melipatgandakan modalnya mencapai USD 1,06 miliar secara global. Film produksi Warner Bros. ini berkisah tentang Arthur Fleck yang diperankan Joaquin Phoenix, dalam evolusinya menjadi Joker, penjahat kriminal di Kota Gotham.

Digarap sutradara Todd Phillips dengan pendekatan yang gelap dan menguras emosi, ‘Joker’ bukan hanya menjadi film rating R terlaris, namun juga memenangkan penghargaan tertinggi Gold Lion di Festival Film Venesia 2019.

6. Toy Story 4

Sekuel dari serial animasi populer Toy Story garapan Disney/Pixar ini membukukan pendapatan global USD 1,07 miliar, dari anggaran produksi USD 200 juta. Hebatnya, film yang mengisahkan petualangan mainan bernama Woody dan rekan-rekannya ini berhasil meraih USD 238 juta dalam sepekan saja.

Hingga turun layar, film ini mendapatkan keuntungan lebih dari USD 1 miliar. Pencapaian ini menjadikan Toy Story 4 sebagai film Pixar kedua setelah ‘Finding Dory’ yang menembus angka sefantastis itu.

5. Frozen II

Para penggemarnya mungkin tak pernah menyangka bila sekuel film Frozen akan dibuat dan tayang di layar lebar. Namun sudah banyak yang menyangka film ini akan tembus box office. Nyatanya, anggaran produksi sebesar USD 33 juta berhasil dijawab Disney dengan menghasilkan pendapatan global USD 1,108 miliar.

Petualangan Elsa yang diisi suaranya oleh Idina Mezel bersama adik dan rekan-rekannya ini sukses meraup USD 125 juta di Amerika Serikat hanya pada lima hari pertama perilisannya. Kemudian disusul dengan pencapaian USD 742 juta di seluruh dunia selama dua pekan penayangan saja.

4. Captain Marvel

Marvel mungkin kalah start dari DC dalam memunculkan film solo jagoan perempuannya ke layar lebar. Namun demikian, tak ada kata terlambat bagi jagat sinematik Marvel untuk bisa menarik penonton dalam jumlah banyak. Buktinya, film ‘Captain Marvel’ yang terbilang belum dikenali khalayak luas sebelumnya berhasil mencatat angka USD 1,12 miliar, dari anggaran produksi US 152 juta.

Dan sebagaimana kekuatan super yang dimiliki Brie Larson, si pelakon Carol Denvers, ‘Captain Marvel’ sukses menjadi film pertama dalam jagat sinematik Marvel yang meraih keungtungan hingga USD 1 miliar.

3. Spider-Man: Far From Home

Aksi manusia laba-laba ini memang selalu menjadi perhatian masyarakat penggemar film. Makanya tak heran bila iterasi teranyarnya di tahun ini, ‘Spider-Man: Far From Home’ sukses meraup pundi-pundi dolar dengan sedemikian masifnya. Dari anggaran produksi USD 160 juta, film yang termasuk jagat sinematik Marvel ini membukukan pendapatan global USD 1,13 miliar.

Dengan keuntungan demikian, film yang Diperankan Tom Holland sebagai Peter Parker/Spider-Man ini pun sukses menutup fase keempat dalam jagat sinematik Marvel.

2. Lion King

Mencoba mengulang sukses film animasi aslinya yang tayang di 1994, Disney membuat ulang ‘Lion King’, kali ini dengan animasi CGI yang realistis. Meski sebagian kritikus film merasa kecewa dengan film ini, nyatanya dengan anggaran USD 260 juta, ‘Lion King’ versi milenial ini sukses meraup pendapatan global mencapai USD 1,6 miliar.

Disutradarai oleh Jon Favreau, ‘Lion King’ dikemas dengan pendekatan animasi dengan CGI yang terlihat sangat realistis. Film ini bertabur bintang yang menjadi pengisi suaranya, meliputi Donald Glover, Beyonce, sampai Seth Rogen.

1.Avengers: Endgame

Tak perlu diragukan lagi bila film pamungkas dari jagat sinematik Marvel ini bakal menjadi yang terlaris di 2019. Dikreasikan sejak satu dekade lalu, ‘Avengers: Endgame’ jelas sudah membangun basis penontonnya yang akan setia menyaksikan film ini hingga ke titik kulminasinya. Alhasil dengan anggaran produksi USD 356 juta, film persilangan para pahlawan super ini berhasil menjadi yang terlaris di sepanjang 2019 dengan torehan global USD 2,79 miliar.

Sebagai puncak dari konflik infinity gems dan pertarungan melawan Thanos, ‘Avengers” Endgame’ menjadi film yang paling banyak dibicarakan para penikmat layar lebar. Pencapaian Marvel dan Disney ini tak hanya menjadikannya film terlaris di tahun 2019, melainkan juga terlaris sepanjang masa mengalahkan film ‘Avatar’ dari James Cameron. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top