KESEHATAN

Tips Sehat Saat Natal dan Tahun Baru

ilustrasi

Kate.id – Menjaga kesehatan semestinya tak mengenal waktu atau hari. Termasuk di hari libur Natal dan Tahun Baru, Anda masih harus tetap menjaga kesehatan. Hal ini penting diingatkan kembali lantaran di hari raya ini, Anda mungkin terlalu banyak menghabiskan waktu duduk baik untuk berbincang dengan kerabat, makan hidangan Natal atau menonton film-film pilihan.

Dikutip dari Medical News Today, menjaga kesehatan sewaktu libur Natal dan Tahun Baru sebenarnya sederhana saja. Di antaranya tetap ingat untuk tetap aktif bergerak, misalnya melakukan aktivitas tertentu akan mengurangi waktu yang tersedia untuk mengonsumsi permen manis.

Selain itu, sebaiknya perhatikan asupan makanan Anda. Hidangan Natal mulai dari biskuit, keju, cokelat dan camilan lalu makanan berat semisal ayam serta daging panggang biasanya terjadi manis di atas meja.

Anda bisa mencoba mengganti beberapa makanan ringan berkalori dengan sepotong atau dua buah. Di samping bermanfaat karena menambah asupan vitamin dan mineral, Anda mungkin merasa akan lebih kenyang dan mencoba mengurangi pilihan yang kurang sehat di sekitar Anda.

Jika Anda tergoda untuk makan lagi setelah makan malam, paksakan diri Anda untuk menunggu 20 menit. Kemudian nilailah apakah Anda benar-benar makan ayam atau sekedar kacang panggang lagi. Setelah makanan mencapai perut, Anda mungkin menyadari sebenarnya tidak lapar dan kalori tambahan tak Anda butuhkan.

Selain itu, pertimbangkan melakukan sesuatu untuk orang lain. Tidak semua orang menikmati musim liburan, jadi sedikit kebaikan mungkin membuat keajaiban bagi orang lain dan untuk Anda.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, altruisme dapat meningkatkan penghargaan diri. Studi lain menyimpulkan, berbuat baik meningkatkan kepuasan hidup. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top