SEPAK BOLA

Kalah Lawan Madura United, Bali United Juara Liga 1 Indonesia 2019

Para pemain Bali United membawa trofi seusai penganugerahan juara Liga 1 2019 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Ahad (22/12/2019). (Foto: Liga Indonesia)

BALI, Kate.id – Bali United harus menelan pil pahit kekalahan atas Madura United 2-0 pada laga pamungkas Liga 1 Indonesia, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Ahad (22/12/2019) malam. Meski demikian, tim berjuluk ‘Serdadu Tridatu’ itu tetap menggenggam gelar juara Liga 1 Indonesia musim kompetisi 2019.

Bali United menjadi juara Liga 1 Indonesia musim kompetisi 2019 setelah mengumpulkan 64 poin. Sementara Persebaya Surabaya yang mengumpulkan 54 poin berhasil finis di posisi kedua dan menjaga asa bisa tampil di Piala AFC.

Penyerahan tropi kompetisi Liga 1 tersebut diberikan kepada tim Bali United tersebut mendapat sambutan meriah oleh suporter. ‘Semeton Bali United’, sebutan suporter Serdadu Tridatu, merayakannya dengan pesta penyalaan kembang api seraya menyanyikan lagu-lagu kebanggaan serta yel-yel Bali United.

Terkait keberhasilan ini, sang pelatih Ilji Spasojivic mengaku bangga timnya yang mampu meraih kemenangan dalam kompetisi Liga 1 tahun 2019. Menurut dia perjuangan selama musim pertandingan tersebut cukup berat dan penuh tantangan.

“Saya bangga karena tim sepak bola yang kami perkuat bisa meraih prestasi puncak pada musim liga kali ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung tim kami,” kata Ilji, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Kebanggaan juga diungkapkan salah seorang pendukung tim, Krisna Dwipayana. Dia mengaku senang dan bangga tim kesayangan masyarakat Bali menjadi juara tahun ini.

“Saya sebagai pendukung dan suporter Bali United bangga tim dengan julukan ‘Serdadu Tridadu’ sukses meraih kemenangan di kompetisi tahun ini. Ini juga kebanggaan kita bersama. Semoga di pertandingan selanjutnya bisa mempertahankan gelar juara tersebut,” tuturnya.

Bali United sendiri telah ditetapkan sebagai juara kala mengakhiri rangkaian pekan ke-40. Poin mereka sudah tidak bisa dikejar lagi oleh lawan-lawannya.

Atas torehan itu, mereka berhak tampil di kualifikasi Piala Asia 2020. Sementara PSM yang keluar sebagai juara Piala Indonesia akan tampil di babak playoff. Persebaya bisa berlaga di Piala AFC asalkan Bali United lolos di babak kualifikasi.

Perebutan posisi kedua dalam kompetisi Liga 1 Indonesia 2019menjadi laga paling sengit hingga harus ditentukan hingga laga terakhir. Empat klub, yakni Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya, Borneo FC, dan Bhayangkara FC harus merengkuh tiga poin demi menjaga asa berlaga di Piala AFC.

Akan tetapi Persipura dan Borneo FC yang saling berhadapan hanya bermain imbang 2-2. Kondisi itu dimaksimalkan betul oleh Persebaya yang menang 2-1 atas Perseru Badak Lampung. Dengan kemenangan itu, Persebaya yang awalnya di posisi ke-3 mengakhiri musim sebagai runner up.

Tiga tim lainnya, yakni Perseru Badak Lampung, Semen Padang, dan Kalteng Putra dipastikan terdegradasi ke Liga 2. Sebagai gantinya Persiraja Banda Aceh, Persik Kediri, dan Persita Tangerang promosi ke Liga 1.

Sementara Marko Simic kembali mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak untuk musim 2019 setelah berhasil menyarangkan 28 gol atau unggul sembilan gol dari Beto Goncalves (Madura United). Torehan Marko Simic itu berbanding terbalik dengan posisi Persija Jakarta di klasemen akhir. Tim Macan Kemayoran hanya finis di posisi 10. (*)

Klasemen akhir Liga 1 Indonesia 2019 bisa dilihat di sini.

Comments

BERITA TERBARU

To Top