HUKUM & KRIMINAL

Ops Lilin Mahakam 2019, Polresta Samarinda Musnahkan Ribuan Miras dan BB Narkoba

Pemusnahan ribuan botol miras dan BB narkoba dilakukan jajaran Polresta Samarinda, Kamis (19/12/2019). (Dok. Humas Polresta Samarinda)


SAMARINDA, Kate.id – Ribuan Miras dan Barang Bukti (BB) Narkoba dimusnahkan oleh jajaran Polresta Samarinda, di Mako Polresta Samarinda, Kamis (19/12/2019). Pemusnahan dilakukan usai apel pasukan gabungan dalam rangka menyambut pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Pemusnahan ini dipimpin langsung Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, bersama Walikota Samarinda Syaharie Ja’ang, Dandim 0901/Samarinda Kolonel Kav.Tomi Kaloko Utomo dan Instansi terkait.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan berupa sabu-sabu seberat 1.027,17 gram, Pil Ekstasi sebanyak 569 butir. Sedangkan untuk minuman keras (miras) pabrikan berbagai merek dimusnahkan sebanyak 1.813 botol, dan Tuak sebanyak 82 liter.

Pemusnahan BB Narkoba jenis sabu-sabu di Mako Polresta Samarinda, Kamis (19/12/2019). (Dok. Humas Polresta Samarinda)

Kapolres Samarinda Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, barang bukti yang diamankan saat ini merupakan hasil kegiatan pengamanan yang ditingkatkan dalam rangka antisipasi terhadap Kamtibmas. Menurutnya, pemusnahan miras dan narkoba ini dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan dan terganggunya Kamtibmas di masyarakat, khususnya di Kota Samarinda.

“Kita sama-sama menyatakan bahwa perang terhadap narkoba, dan akan kita berantas terus sampai ke akar akarnya,” tegas Kombes Pol Arif Budiman.

Ia pun mengapresiasi jajarannya yang telah bekerja keras dalam melaksanakan keamanan di Kota Tepian. Khususnya dari gangguan Kamtibmas. 

“Karena hal begini akan merusak generasi penerus kita generasi muda. Bahkan orang tua pun bisa menggunakannya, disamping dilarang agama juga membahayakan keluarga,” jelasnya.

Ia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat dalam melaksanakan perayaan Tahun Baru nanti, sebaiknya melaksanakan dengan sewajarnya saja. Artinya, jangan membuat hal – hal yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, bersama Walikota Samarinda Syaharie Ja’ang, dan Dandim 0901/Samarinda Kolonel Kav.Tomi Kaloko Utomo saat apel pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru. (Dok. Humas Polresta Samarinda)

“Serta niatkan pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, lakukan pengamanan secara profesional dan humanis, serta berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Mantapkan kerjasama, sinergitas dan soliditas para pihak yang dilibatkan demi keberhasilan operasi ini dan keamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020” terangnya.

Pada apel gelar pasukan operasi lilin tahun 2019 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini, untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan. “Juga meningkatkan soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari raya natal 2019 dan tahun baru 2020,” imbuhnya.

Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi Kepolisian terpusat yang dilaksanakan selama 10 hari mulai 23 Desember 2019 sampai 01 Januari 2020 dengan fokus pengamanan sebanyak 61.308 obyek terdiri dari Gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan Bandara. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top