METROPOLIS

Jalan Tol Pertama Kalimantan Diresmikan, Hubungkan Balikpapan-Samarinda

Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat meresmikan beroperasinya Seksi II, III, dan IV Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, di Gerbang Tol Samboja, Balikpapan, Selasa (17/12) siang. (Foto: AGUNG/Humas)

BALIKPAPAN, Kate.id – Jalan tol pertama di Kalimantan, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akhirnya diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Selasa (17/12/2019). Peresmian tersebut menandai beroperasinya seksi II, III, dan IV (ruas Samboja – Samarinda) pada Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam peresmian di Gerbang Tol Samboja, Kutai Kartanegara itu, Jokowi mengatakan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terdiri dari lima seksi. Meski demikian, baru tiga seksi sepanjang 58,7 kilometer dari total 99,3 kilometer yang sudah selesai dibangun. Sehingga masih ada dua seksi lagi yang belum selesai yaitu seksi I dan seksi V.

“Tadi saya menanyakan kepada Dirut Jasa Marga, ini akan diselesaikan nanti insyaallah paling lambat April 2020,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat terkait mencoba jalan tol Balikpapan-Samarinda, di Gerbang Tol Samboja, Balikpapan, Selasa (17/12) siang. (Foto: AGUNG/Humas Setkab)

Orang nomor satu di Indonesia itu menjelaskan, jalan tol yang pertama di Pulau Kalimantan itu diharapkan dapat meningkatkan kecepatan, efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang, logistik.

“Yang biasanya dari Balikpapan ke Samarinda dan sebaliknya itu memakan waktu kurang lebih tiga jam, enam jam PP berarti tiga jam, bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling satu jam atau sampai satu jam seperempat. Sehingga sekali lagi, kecepatan, efisiensi itu betul-betul bisa kita dapatkan,” terangnya.

Selain itu menurut Jokowi, jalan tol ini akan memperlancar konektivitas antara dua pusat pertumbuhan di Kaltim yaitu Samarinda dan Balikpapan. Kedua kota itu merupakan kota kegiatan ekonomi bisnis.

Dia berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda juga akan mendorong pengembangan kawasan-kawasan produksi. Seperti industri di sektor kelapa sawit, komoditas batu bara, minyak, gas, dan komoditas pertanian yang terhubung langsung dengan kawasan distribusi.

Dengan adanya jalan tol itu, Jokowi meyakini akan mempercepat akses masuk ke wilayah yang sudah diputuskan, yaitu ke kawasan ibu kota negara. Sehingga kini tinggal menyambungkan ke kawasan ibu kota.

“Saya minta agar pada 2020 jalan menuju kawasan ibu kota baru juga sudah mulai disiapkan. Betul-betul tersambung antara jalan tol Balikpapan-Samarinda dan ke kawasan ibu kota yang kita harapkan menjadi nilai plus. Karena dengan adanya jalan tol ini tersambung dua bandara yang berada di Samarinda, Airport Pranoto, dan Bandara Sepinggan di Balikpapan,” tuturnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top