MUSIK

Raih Gelar ‘Woman of the Year’, Billie Eilish Terinspirasi Taylor Swift

Billie Eilish. (Foto: istimewa)

Kate.id – Penyanyi wanita muda Billie Eilish menyabet gelar “Woman of the Year” dalam ajang Billboard’s Women in Music 2019. Gelar itu diberikan dalam acara yang berlangsung di Hollywood Palladium, Los Angeles, Jumat (13/12/2019) waktu setempat.

Penghargaan ini diberikan kepada Eilish menyusul sederet prestasinya di dunia musik. Mulai dari memuncaki tangga lagu Billboard, beberapa nominasi Grammy, hingga tur dunia yang selalu laris terjual.

Pelantun lagu ‘Bad Guy’ itu berterima kasih kepada Taylor Swift, pemenang Woman of the Decade, yang merupakan inspirasinya untuk memulai karier bermusik. Eilish menyinggung pidato Swift saat memenangi penghargaan yang sama dengannya lima tahun lalu, yang mendorong musikus muda di masa mendatang.

“Saya berusia 11 tahun saat itu, dan saya berada di paduan suara, dan saya belajar bermain piano. Taylor, kau benar-benar peduli padaku, jadi terima kasih,” kata penyanyi berusia 17 tahun itu.

Swift lalu menanggapi, “Pada saat yang tepat, seorang gadis berusia 11 tahun di California benar-benar mengambil pelajaran piano dan benar-benar berada di paduan suara perempuan, dan tahun ini, dia mendapatkan Woman of the Year pada usia 17.”

DOMINASI APPLE MUSIC 2019

Sebelumnya Billie Eilish juga mendominasi streaming Apple Music pada 2019. Dia mencetak prestasi dengan album paling banyak didengarkan streaming tahun ini dengan “When We Fall Asleep, Where Do We Go?”.

Penyanyi 17 tahun, yang masuk ke skena pop alternatif tahun ini dan langsung dapat nominasi untuk empat penghargaan Grammy, menduduki peringkat kelima lagu yang paling banyak didengarkan streaming lewat “Bad Guy”, kata Apple Music seperti dikutip dari Reuters.

“Bad Guy” juga jadi lagu yang paling banyak didengarkan di Shazam tahun ini, aplikasi pengenal musik milik Apple. Apple punya 60 juta pelanggan layanan streaming musik, di belakang Spotify yang memimpin dengan jumlah 113 juta pelanggan per Oktober.

Di antara musisi-musisi lain, rapper Lil Nas X adalah artis yang lagunya paling banyak didengarkan di Apple Music berkat lagu viral “Old Town Road” yang bertengger 19 pekan di tangga lagu Billboard. Musisi J.Balvin dari Kolombia, yang bisa didengarkan lewat lagu “I Like It”, “Say My Name” dan “China”, adalah artis yang paling banyak didengarkan di Shazam tahun ini.

Ariana Grande dan Post Malone sama-sama memiliki dua rekor daftar 10 lagu yang paling banyak didengarkan di Apple Music Global. Lagu patah hati Grande “Thank U, Next” dan “7 Rings” ada di peringkat ketiga dan keempat, sementara “Sunflower” milik Post Malone dari film animasi “Spider-Man: Into the Spiderverse” dan “Wow” ada di posisi kedua dan keenam. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top