METROPOLIS

Kembangkan Potensi Pariwisata Kalsel, Masyarakat Diminta Terlibat Aktif

Bamboo rafting di kawasan wisata Loksado. (Foto: Youtube Rustam Katinem)

BANJARMASIN, Kate.id – Masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) diminta terlibat aktif dalam pengembangan sektor pariwisata di provinsi tersebut. Sehingga potensi wisata daerah bisa berkembang pesat sebagaimana daerah lainnya. Harapan ini disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Jumat (13/12/2019).

Menurut Sahbirin, keterlibatan masyarakat menjadi unsur yang sangat penting untuk mendorong percepatan pengembangan pariwisata daerah. Sehingga upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia masyarakat sekitar lokasi wisata kini menjadi salah satu program pemerintah yang terus digalakkan.

Salah satunya adalah melalui program pembinaan dan pengembangan kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis). Peran Pokdarwis sangat penting dalam memajukan pariwisata, sehingga seluruh anggota Pokdarwis harus terus belajar dan membekali diri dengan pengetahuan tentang pengembangan pariwisata.

“Sektor pariwisata juga merupakan sektor yang sangat potensial untuk menjadi penggerak perekonomian masyarakat,” tutur Sahbirin, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurut dia, Kalsel memiliki potensi wisata sangat potensial. Sehingga perlu upaya seluruh pihak untuk merawat dan mengembangkannya. Caranya dengan terus melakukan berbagai inovasi, agar destinasi yang dimiliki dapat terus memiliki daya tarik.

Sementara itu Dahnial Kifli selaku Kepala Dinas Pariwisata Kalsel mengatakan, pembinaan terhadap SDM pariwisata terus dilakukan. “Kita memiliki banyak destinasi wisata alam, sehingga pembinaan SDM harus terus dilakukan, agar para wisatawan merasa nyaman,” lanjutnya.

Berbagai potensi wisata alam Kalsel yang kini sudah mendunia adalah, Wisata Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Wisata alam kehutanan, wisata konservasi bekantan, Lembah Kahung dan potensi wisata lainnya. Seluruh potensi wisata tersebut, kini berkembang cukup pesat, dan mulai dilirik oleh wisatawan dari berbagai negara. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top