METROPOLIS

Kaltim Targetkan Penurunan 86,3 Juta Ton Emisi CO2e

Gubernur Kaltim Isran Noor saat berpidato di depan peserta COP25 yang hadir di Pavilion Indonesia pada Rabu, di Madrid, Spanyol, (11/12/2019). (Dok. Istimewa)

Kate.id – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menargetkan penurunan emisi CO2e sebesar 86,3 juta ton CO2e dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, periode 2020-2024.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kaltim Isran Noor di depan para peserta COP25 yang hadir di Pavilion Indonesia di Madrid, Spanyol, Rabu (11/12/2019).

Pada Sesi B8 di arena Konferensi Perubahan Iklim PBB yang mengangkat topik “Message from Kalimantan, Indonesia for the Global Climate Action” itu, Gubernur Isran Noor dengan tegas menyatakan kolaborasi dan koordinasi yang baik lintas sektor, maka Pemprov Kaltim yakin tata kelola lahan dan hutan yang baik bisa dicapai.

Gubernur Kaltim Isran Noor disela acara seminar COP25 yang hadir di Pavilion Indonesia pada Rabu, di Madrid, Spanyol, (11/12/2019). (Dok. Istimewa)

“Kolaborasi dan koordinasi ini menjadi sangat penting. Kami sangat bersyukur karena kepedulian untuk bersama dalam upaya penyelamatan lingkungan dan penurunan emisi karbon sudah menjadi komitmen seluruh stakeholder di provinsi kami, bahkan sejak 2010 lalu,” tegas Isran Noor, dalam keterangan resmi yang diterima media ini.

Dia juga menguraikan bahwa biaya penurunan emisi di Kaltim mencapai USD 90,7 juta. Namun apabila Kaltim mampu menurunkan emisi minimal 22 juta ton CO2e, maka Kaltim akan menerima insentif sebesar USD 110 juta dalam lima tahun.

Diskusi interaktif ini dipandu oleh Stepi Hakim, Tenaga Ahli REDD+ asal Samarinda. Hadir perwakilan masyarakat adat Wehea, Siang Manggah menyampaikan kondisi dan komitmen masyarakat setempat untuk tetap menjaga hutan. Tampak pula perwakilan APP Sinar Mas, Trisia Megawati Putri. 

Tampak bincang hangat Gubernur Kaltim Isran Noor dengan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie. (Dok. Istimewa)

Selain Gubernur Isran Noor, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie juga didaulat menjadi narasumber. Turut hadir dalam presentasi tersebut, Prof Daddy Ruhiyat dari Dewan Daerah Perubahan Iklim Kaltim. 

Tampak hadir Kepala Badan FORDIA KLHK, Agus Justianto, Kepala DLH Kaltim Ence Ahmad Rafidin Rizal dan Hj Norbaiti Isran Noor, Ketua Dekranasda Kaltim.

“Bagi hadirin yang ingin menggali lebih dalam tentang program dan kegiatan pengurangan emisi gas rumah kaca dan hasil-hasilnya, kami mengundang anda. Silakan berkunjung ke Kaltim,” pungkas Isran. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top