OTOMOTIF

Industri Otomotif Indonesia Ditantang Ekspor 1 Juta Mobil

Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat dan pimpinan PT Isuzu melepas ekspor perdana Isuzu Traga ke Filipina, di pabrik pabrik PT Isuzu Astra Motor Indonesia, di Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar), Kamis (12/12/2019) siang. (Foto: AGUNG/Humas)

Kate.id – Industri otomotif Indonesia ditantang untuk bisa mengekspor 1 juta mobil. Tantangan ini diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat melepas ekspor perdana 120 unit Isuzu Traga yang menggunakan 53,5 persen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) ke Filipina, di pabrik PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar) Kamis (12/12) siang.

Dalam sambutannya Jokowi menyambut baik ekspor perdana Isuzu Traga itu meskipun baru ditujukan ke satu negara. Dia berharap dalam tiga tahun Isuzu Traga akan bisa akan masuk ke-20 negara, baik Afrika, Asia Timur, maupun ke negara-negara Timur Tengah.

“Ini yang diharapkan oleh pemerintah, oleh negara ini. Ekspor kita semakin meningkat, semakin terus naik, yang pada ujungnya kita berharap current account, defisit kita semakin mengecil dan semakin nantinya neraca perdagangan kita juga bisa surplus,” kata Jokowi.

Untuk itu, jika saat ini baru bisa mengekspor 300.000 unit mobil, dia menantang industri otomotif nasional agar bisa mengeluarkan minimal 1 juta unit dari Indonesia pada tahun 2024 mendatang. “Caranya gimana enggak mau tahu,” sebut Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengakui, pengusaha sering pesimistis dengan hal-hal mengenai angka-angka. Tapi begitu ada realisasi, baru diketahui bahwa ternyata itu juga bisa dilakukan.

“Kita sering tidak percaya diri, sering pesimistis. Itu karena apa? Ya karena kerja enggak pernah memakai target-target yang terukur, yang realistis. Insyallah ini akan bisa terwujud,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu dia menyampaikan penghargaannya atas upaya PT Isuzu Astra Motor Indonesia melakukan ekspor  perdana sebanyak 120 unit kendaraan niaga Tsuzu Traga ke Filipina. Demikian juga target yang disampaikan Presiden PT Isuzu Astra Motor untuk meningkatkan ekspornya menjadi 6.000 unit Isuzu Traga per tahun.

Jokowi juga sangat menghargai PT Isuzu Astra Motor Indonesia yang telah bekerja sama MK-SMK di sekitar industri ini, dengan memberikan training pada siswa-siswa SMK, dan memberikan contoh-contoh, memberikan cara-cara kerja yang baik. Menularkan budaya kerja disiplin kerja keras yang baik pada mereka.

“Saya sangat menghargai apabila mereka juga diikutkan nantinya setelah lulus menjadi karyawan di PT Isuzu ini,” tegasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top