NASIONAL

Ujian Nasional Bakal Dihapus, Tahun 2020 Jadi yang Terakhir

ilustrasi

JAKARTA, Kate.id – Selama 16 tahun terakhir, Ujian Nasional atau UN menjadi salah satu standar kelulusan siswa. Namun ujian itu rencananya akan dilaksanakan terakhir kali pada 2020 mendatang. Karena pada 2021, UN akan dihapuskan, dan digantikan dengan assestment kompetensi minimun dan survei karakter.

Hal itu diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dalam rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Jakarta, Rabu (11/12/2019). Dia menilai UN hanya dapat mengkur aspek kognitif murid, namun belum dapat menyentuh karakter murid secara holistik.

Berdasarkan hasil survei dan diskusi kementerian yang dipimpinnya dengan orang tua murid dan tenaga pengajar, UN kata Nadiem, dinilai terlalu padat sehingga memberatkan murid. Siswa hanya berfokus pada penghafalan materi, bukan kompetensi. UN yang digelar di akhir jenjang sekolah pun dinilai banyak membuat siswa cenderung stres.

“Akan ada survei karakter. Ini luar biasa pentingnya. Karena pada saat ini secara nasional, data yang kita punya ini hanya data kognitif. Kita tidak mengetahui mengenai kondisi ekosistem di dalam sekolahnya murid kita,” sebut Nadiem.

Assestment kompetensi minimum dan survei karakter yang menggantikan UN, akan melibatkan organisasi di bidang pendidikan, baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, agar dapat setara dengan standar internasional, namun tetap mempertahankan kearifan lokal. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top