SEPAK BOLA

Tumbangkan Myanmar 4-2, Indonesia ke Final SEA Games

Timnas U-22 Indonesia memastikan tiket final SEA Games 2019 setelah mengalahkan Myanmar di semifinal. (Foto: Antara/Sigit)

Kate.id – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 berhasil lolos ke partai puncak cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2019. Tiket final ini digenggam setelah Garuda Muda sukses menumbangkan Myanmar 4-2 di babak semifinal, Sabtu (7/12/2019) di Stadion Rizal Memorial, Filipina. Kemenangan diraih setelah kedua tim menjalani babak tambahan waktu setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Sejak awal pertandingan Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan. Mereka menciptakan sejumlah peluang dengan mengandalkan kombinasi Osvaldo Haay, Saddil Ramdani, dan Egy Maulana Vikri. Meski begitu masih mampu diredam barisan pertahanan Myanmar.

Myanmar ternyata mampu tampil baik dengan mengimbangi permainan Indonesia. Mereka bahkan beberapa kali memberikan tekanan yang merepotkan termasuk lewat tendangan jarak jauh. Banyaknya peluang yang terbuang membuat Indonesia belum bisa membobol gawang Myanmar di paruh pertama. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua pertandingan semakin ketat. Osvaldo sempat mendapat peluang ketika babak kedua baru saja dimulai. Tetapi kiper Myanmar, Sann Sat Naing masih mampu menangkap tendangan tersebut.

Gol akhirnya lahir di menit 58. Egy Maulana Vikri mengendalikan bola dengan baik dan mampu mengecoh pertahanan Myanmar. Kemudian dia memberikan umpan tarik yang disambut oleh Evan Dimas Darmono dan mengubahnya jadi gol.

Pada menit ke-71, Tim Merah Putih menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Egy yang mencatatkan namanya di papan skor. Dia menanduk umpan tendangan bebas Bagas Adi Nugroho dan mengoyak gawang Myanmar.

Unggul dua gol, pertahanan tim asuhan Indra Sjafri lalai. Hal ini membuat Myanmar berhasil menyamakan kedudukan hanya dalam tempo dua menit. Gol pertama Myanmar lahir dari kesalahan Zulfiandi yang bolanya direbut pemain Myanmar. Aung Kaung Mann berhasil mengoyak gawang Indonesia dengan kaki kanannya dari dalam kotak penalti di menit 78.

Nestapa terjadi dua menit berselang saat Myanmar berhasil menyamakan kedudukan. Kesalahan Nadeo Arga Winata yang gagal menangkap bola dimanfaatkan Win Naing Tun yang langsung melesakkan bola ke dalam gawang yang kosong.

Skor imbang membuat Indonesia kembali tersengat untuk menekan pertahanan Myanmar. Sayang, beberapa peluang yang didapat Evan Dimas Darmono, Saddil Ramdani, dan Osvaldo Haay gagal menembus gawang Myanmar. Skor imbang 2-2 bertahan hingga laga berakhir. Membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan 2×15 menit.

Pada tambahan waktu babak pertama, Egy Maulana Vikri cs kembali tancap gas. Sani Riski Fauzi mendapat peluang lewat tendangan salto yang masih melambung di atas mistar gawang.

Berkali-kali melancarkan serangan, Garuda Muda akhirnya menaklukkan pertahanan Myanmar jelang babak tambahan pertama berakhir. Berawal dari pergerakan Asnawi yang menusuk ke kotak penalti, kemudian dia memberikan umpan tarik yang disambut Osvaldo dan membawa Indonesia berbalik unggul 3-2.

Gelombang serangan terus dilakukan oleh Tim Merah Putih. Hasilnya, mereka kembali mencetak tambahan gol melalui kaki Evan Dimas. Salah satu pemain senior yang dibawa Garuda Muda itu memaksimalkan umpan tarik Sani Riski di menit 114. Membuat Indonesia mengakhiri duel dengan keunggulan 4-2.

Kemenangan ini membawa Indonesia lolos ke final SEA Games 2019. Mereka menunggu pemenang duel Vietnam versus Kamboja sebagai lawan di partai puncak. Partai final bakal digelar di stadion yang sama, Selasa (10/12/2019). (*)

SUSUNAN PEMAIN:

Myanmar Sann Sat Naing (PG); Win Moe Kyaw, Ye Yint Aung, Ye Min Thu, Aung Wunna Soe, Lwin Moe Aung (Thu Rein Soe 96′), Hlaing Bo Bo (Kaung Htet Soe 77′), Aung Naing Win, Myat Kaung Khant, Htet Phyoe Wai (Aung Kaung Mann 60′), Nay Moe Naing.

Indonesia: Nadeo Arga Winata (PG); Asnawi Mangkualam Bahar, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika (Dodi Zlex van Djin), Zulfiandi (Rachmat Irianto 98′), Evan Dimas Darmono, Egy Maulana Vikri (Witan Sulaeman 105′), Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, Muhammad Rafli (Sani Riski Fauzi 46′).

Comments

BERITA TERBARU

To Top