METROPOLIS

Ratusan Kades Kutai Kartanegara Dilantik, Ada yang Meninggal Dunia

Bupati Kukar Edi Damansyah saat melantik ratusan kades di wilayah Kukar, Jumat (6/12/2019). (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah resmi melantik 107 kepala desa (kades) di wilayahnya, Jumat, (6/12/2019). Pelantikan diselenggarakan di tiga lokasi yang berbeda sesuai masing-masing zona.

Jumlah desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 beberapa waktu lalu sebanyak 108 desa. Namun, ada satu kades terpilih asal Desa Teratak, Kec. Muara Kaman, Fadlan (48) tutup usia sehari sebelum dilantik. Dari informasi yang dihimpun dari pihak keluarga, ia meninggal dunia saat mencuci mobil.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan turut berduka cita akan kejadian tersebut. Dia pun sempat memimpin doa yang ditujukan kepada Fadlan, saat prossi pelantikan kades terpilih. “Saya turut berduka cita. Semoga almarhum dapat diterima disis Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” ucapnya.

Kepada Kades terpilih, Edi mengingatkan agar tidak terjebak dengan rutinitas formalitas. Menurutnya, kades sebagai pelopor pembangunan di desa harus dapat berperan aktif dalam pembangunan desanya. Mereka harus berinovasi dalam menggali setiap potensi pengembangan desa secara mandiri.

“Sudah ada contohnya, desa kategori terpencil justru bisa meraih penghargaan nasional di Kukar. Seperti di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis,” ujar Edi.

Menurut Edi, pembangunan daerah tidak hanya bisa diselesaikan oleh Pemkab semata, namun juga menjadi tugas pemerintah desa. Oleh karenanya, Edi mengingatkan, agar kades terpilih dapat mengelola angaran desa dengan baik, sesuai aturan, tidak disalahgunakan.

“Jangan sampai ada kasus penyimpangan dana desa. Makanya, harus luruskan niat untuk berbuat. Mari bersama-sama membangun kapal beras yang bernama Kutai Kartanegara ini,” tegasnya.

Pelantikan kades kali ini, sengaja dilakukan secara sederhana di tiga lokasi yang berbeda dan tidak terpusat di Kantor Pemkab. Hal ini, agar masyarakat juga bisa melihat langsung prosesi pelantikan.

Pemkab Kukar membagi lokasi pelantikan menjadi tiga zona. Yaitu zona hulu, tengah, dan pesisir. Untuk wilayah hulu, pelantikan dipusatkan di Balai Pertemuan Desa Liang, Kota Bangun, yang meliputi Kades dari Kecamatan Kota Bangun, Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Muara Muntai dan Muara Wis.

Sedangkan pelantikan kades zona tengah dilakukan di Balai Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, meliputi Kadesa yang berasal dari Kecamatan Tenggarong Seberang, Muara Kaman, Sebulu, Tenggarong, Loa Kulu, Loa Janan dan Samboja. Untuk zona pesisir pelantikan dilakukan di halaman kantor Desa Semangko di Kecamatan Marangkayu, meliputi kades terpilih dari Kecamatan Marangkayu, Muara Badak dan Anggana.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Kutai Kartanegara, Dafip Haryanto menjelaskan, pihaknya akan menggelar pilkades ulang di Desa Teratak, Kec. Muara Kaman, dalam waktu dekat. Sebelum itu, untuk jabatan kadesnya akan diisi oleh pejabat sementara.

“Sebelum dilakukan pelantikan, mereka juga sudah mengikuti pembekalan secara khusus. Sehingga memberikan pemahaman serta meningkatkan kinerja sebagai kades. Kita harapkan dapat memudahkan mereka berinovasi untuk membangun Kukar dari tingkat desa bisa terwujud,” tandasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top