POLITIK

Terpilih Jadi Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto Diusulkan Jadi Capres

Airlangga Hartarto resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

JAKARTA, Kate.id – Airlangga Hartarto ditetapkan sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar periode 2019-2024 secara aklamasi di Jakarta, Rabu (4/12/2019) malam. Hal ini diketahii setelah Airlangga memperoleh dukungan 100 persen pemegang hak suara Munas X Golkar.

“Memutuskan menetapkan keputusan Munas X Partai Golkar tentang pengesahan Ketua Umum Partai Golkar 2019-2024, mengangkat dan mengesahkan saudara Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar 2019-2024,” ujar Sekretaris Pimpinan Sidang Munas X Golkar Sarmuji di Jakarta, Rabu malam, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Pengesahan Airlangga sebagai Ketua Umum Golkar 2019-2024 itu disepakati seluruh peserta Munas X Golkar. Sebab Airlangga memperoleh 100 persen suara dalam Munas.

Perolehan 100 persen suara itu tercermin dari pandangan umum yang disampaikan seluruh pemegang hak suara Munas, yang jumlahnya 558 suara. Seluruhnya dalam pandangan umum menyatakan mendukung Airlangga. Atas dukungan bulat itu Airlangga otomatis ditetapkan sebagai calon tunggal dalam Munas.

DIUSULKAN JADI CAPRES

Politisi senior Golkar Agung Laksono mengusulkan Airlangga Hartarto untuk diusung sebagai calon Presiden (capres) dari Partai Golkar untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Usulan itu disampaikan Agung dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Kosgoro 1957, saat menyampaikan pandangan umum organisasinya dalam Munas X Golkar di Jakarta.

“Dengan kemampuan beliau (Airlangga) yang sudah banyak disinggung, beliau pada waktunya Pilpres kami usung dari Partai Golkar,” kata Agung, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Agung mengatakan setelah Kosgoro mencermati dengan seksama Laporan Pertanggungjawaban DPP Golkar yang disampaikan Airlangga. Maka Kosgoro memahami betapa beratnya situasi yang dihadapi Golkar pada masa kepemimpinan Airlangga.

Untuk itu, kata Agung, Kosgoro menerima sepenuhnya LPJ tersebut. Kosgoro juga mengapresiasi kemampuan Airlangga dalam membuat suasana sejuk dalam Munas, di mana hal tersebut juga diakui Presiden Jokowi.

Diusulkan jadi capres, Airlangga menjawab santai. Menurut dia, usulan DPD itu akan dibahas lebih rinci dalam musyawarah nasional (Munas) X Partai Golkar yang digelar di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan pada 3-6 Desember 2019. “Itu aspirasi. Ini akan dibahas dalam Munas,” ucap Airlangga dikutip dari Tribun News.

Airlangga juga menyebut, tokoh senior Partai Golkar telah melakukan pembicaraan dengan para pengurus di DPD. “Tentu para senior mendengar aspirasi dari seluruh daerah, dan secara formal disampaikan dalam forum Munas dalam forum Rapimnas sudah jelas yah,” tambahnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top