OLAHRAGA

Indonesia Targetkan Dua Besar di SEA Games Filipina

Jokowi menerima bendera kontingen RI di Sea Games 2019 dari Ketua National Olympic Committe (NOC) Indonesia Sapta Oktohari, dan selanjutnya diserahkan kepada Chef de Mission (CdM) Harry Warganegara, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Rabu (27/11/2019) sore. (Foto: OJI/Humas)

BOGOR, Kate.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Indonesia bisa masuk peringkat dua besar dalam ajang SEA Games 2019 di Filipina. Target ini diungkapkannya saat melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga pada Sea Games ke-30 Tahun 2019 di Filipina, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11/2019) sore.

Dalam arahannya Jokowi mengatakan, sesuai laporan Menpora, atlet Indonesia yang akan berangkat ke Sea Games ke-30 di Filipina sebanyak 841 atlet. Mereka akan mewakili 267 juta masyarakat Indonesia.  Oleh sebab itu, Presiden berharap semangat untuk membawa nama reputasi negara ada di tangan ke-841 atlet Indonesia yang berlaga di Sea Games ke-30 di Filipina itu.

Dia mengingatkan, jika di Asian Games, Indonesia dahulu berada di rangking ke-15, ranking ke-17, tapi bisa meloncat ke ranking 4. Sementara di  Sea Games yang sebelumnya, Indonesia selalu berada di rangking 5. Untuk itu Jokowi meminta di Sea Games ke-30 di Filipina tahun ini, Indonesia harus masuk ke 2 besar.

Presiden mengingatkan agar berhati-hati dengan target yang harus diperjuangkan itu, karena bukan rangking yang mudah diraih. “Tapi saya melihat dari wajah, dari wajah, dari wajah, dari wajah saudara-saudara memperlihatkan semangat yang tinggi yang kita harapkan apa yang tadi saya sampaikan betul-betul bisa kita raih. Meskipun saya tahu bukan hal yang mudah, bukan hal yang gampang,” ucap Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia itu meyakini, dukungan 267 juta rakyat akan memberikan sebuah semangat tersendiri bagi perjuangan para atlet. Sehingga bisa meraih medali yang sebanyak-banyaknya di Sea Games ke-30 di Filipina.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya berangkatkan tim Sea Games ke-30 di Filipina tahun 2019,” tutur Jokowi secara resmi melepas kontingen Indonesia ke Sea Games 2019.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sendiri menjagokan cabang olahraga sepak bola dalam ajang SEA Games. Apalagi dalam laga pertamanya, Timnas Indonesia menang atas Thailand dua gol tanpa balas.

Selanjutnya, dia berjanji akan memberikan bonus bagi atlet Indonesia yang meraih medali pada Sea Games 2019 itu. “Kalau masuk 2 besar, ya tentu ada bonusnya. Ada bonusnya,” kata Jokowi.

Adapun untuk besaran bonusnya, dia menyebut nanti akan dihitung. Yang jelas, pemerintah akan memberikan bonus-bonus khusus untuk peraih medali. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top