METROPOLIS

Formasi CPNS 2019 Belum Penuhi Kebutuhan Pemkot Pontianak

ilustrasi

PONTIANAK, Kate.id – Formasi dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tampaknya belum memenuhi kebutuhan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Lantaran penerimaan CPNS dalam dua tahun terakhir dianggap hampir sama dengan jumlah PNS yang pensiun. Sehingga kekurangan tiga ribuan PNS masih tetap dari tahun ke tahun.

Multi Junto Bhatarendo selaku Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pontianak menerangkan, PNS di lingkungan Pemkot Pontianak hingga saat ini terus berkurang. Karena jumlah yang pensiun dan yang diangkat menjadi PNS masih tidak sesuai dengan kebutuhan.

“Untuk tahun 2019 ini saja yang memasuki pensiun sebanyak 318 orang, kemudian tahun 2020 sekitar 338 orang,” ungkap Multi dikutip dari Kantor Berita Antara, Rabu (27/11/2019).

“Sebelumnya jumlah PNS di lingkungan Pemkot Pontianak mencapai delapan ribuan, sekarang tersisa 4.987 orang,” tambahnya.

Kekurangan PNS ini menurut Multi, terdapat pada guru kelas yang harus fokus mengajar anak didik. Meskipun ada tenaga pengajar kontrak namun itu juga belum memadai dan tidak sesuai dengan kualifikasi kompetensi yang ada.

“Mudah-mudahan dalam lima tahun ke depan pemenuhan kebutuhan PNS di Kota Pontianak bisa terpenuhi,” harapnya.

Pemkot Pontianak sendiri tahun ini mendapat jatah merekrut 400 pegawai negeri yang terdiri atas 219 tenaga pendidik, 150 tenaga kesehatan, dan 31 tenaga teknis. Hingga saat ini, tercatat sekitar lima ribu berkas yang sudah mendaftar dan diverifikasi sejak tanggal 25 November 2019, dan batas akhir penyerahan berkas tanggal 29 November 2019, kata Multi.

“Saya perkirakan sekitar delapan ribuan berkas yang masuk untuk diverifikasi pemberkasan,” jelas Multi Junto. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top