METROPOLIS

Namanya Jadi ‘Jualan’ Oknum Dinas, Gubernur Kalbar: Siap-Siap Saya Copot

Gubernur Kalbar Sutarmidji. (Laman Pemprov Kalbar)

Kate.id – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji berang. Lantaran namanya dijadikan bahan “jualan” sejumlah orang di dinas, untuk meminta imbalan dengan jumlah persen tertentu dari pelaksana proyek yang akan dan sedang berlangsung di Kalbar. Untuk itu, Sutarmidji menyatakan segera mencopot sejumlah oknum yang “menjual” namanya tersebut.

“Saya sudah dengar, dia mengatasnamakan saya untuk meminta persenan, tapi dia bangun rumah besar-besar. Tunggu saja tanggal mainnya, siap-siap saya copot,” kata Sutarmidji di Pontianak, Senin (18/11/2019), dikutip dari Kantor Berita Antara.

Terkait pengadaan proyek dan penunjukan pelaksana proyek yang ada di Kalbar, dirinya meminta kepada semua dinas yang ada, khususnya diknas teknis untuk bisa profesional dalam menunjuk atau memilih pelaksana proyek.

“Jangan percaya kalau ada tim sukses atau orang dekat saya yang mengatasnamakan saya untuk mendapatkan proyek. Profesional saja, jika memang orang itu berkompeten, silakan. Namun tentu harus mengikuti prosedur dan mekanisme yang ada,” terangnya.

Namun, sambung Sutarmidji, jika hanya untuk “menjual” namanya sebagai gubernur guna mendapatkan proyek, dirinya meminta untuk melakukan klarifikasi langsung terhadapnya. “Saya minta kepada semua dinas untuk bisa profesional dan memilih kontraktor pelaksana proyek atau pengadaan yang benar-benar bisa bekerja. Bukan karena faktor kedekatan dengan saya, jika ada yang demikian, laporkan langsung ke saya,” tutur dia.

Demikian juga dengan para kontraktor pelaksana proyek. Sutarmidji juga meminta agar tidak percaya begitu saja ketika ada orang dinas yang menyatakan kalau dirinya minta persenan pelaksanaan proyek.

“Tidak benar itu, saya tidak pernah melakukannya. Yang ada, dia (oknum, Red.) jual nama saya, persenannya untuk dia sendiri dan saya sudah tahu orangnya,” tegas Sutarmidji. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top