SEPAK BOLA

Aksi Fajar Bawa Timnas Indonesia U-19 Tundukkan Timor Leste 3-1

Timnas Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan perdana di Kualifikasi Piala Asia U-19 dengan mengalahkan Timor Leste 3-1 (Dok. PSSI)

Kate.id – Tim Nasional Indonesia U-19 sukses mengalahkan tamunya Timor Leste U-19 dengan skor akhir 3-1, dalam laga perdana Grup K kualifikasi Piala Asia AFC U-19, yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Rabu (6/11).

Dua gol Muhammad Fajar Faturrahman dan satu gol dari David Maulana mengunci laga untuk kemenangan Indonesia. Sementara satu gol Timor Leste dicetak oleh Mouzinho De Lima melalui titik penalti.

Bermain dihadapan pendukungnya sendiri, Indonesia justru mengawali laga dengan hati-hati. Pasukan Fakhri Husaini seakan tahu yang harus dilakukan, sambil terus menekan pertahanan lawan. Terbukti, di menit ke-2 gol sundulan dari Muhammad Fajar Faturrahman membuka laga. Melalui bola yang diawali sepak pojok, Beckham Nugraha sebagai penendang mengirim umpan ke kotak penalti, Fajar Fathur menyambutnya dengan sundulan dan gol. 1-0 untuk Indonesia.

Aksi Muhammad Fajar Faturrahman membawa timnas U-19 unggul. (Dok. PSSI)

Timor Leste bukan tanpa ancaman ke pertahanan Indonesia, Paulo Freitas sempat membuat pertahanan Indonesia berantakan. Tapi gol gagal dibuat. Bisa dibilang, Timor bermain dengan gigih dan mampu mengimbangi. Tapi tidak ada gol tambahan terjadi. Hasil 1-0 bertahan hingga turun minum.

Mulai babak kedua, petaka menimpa Indonesia usai wasit memberikan penalti untuk Timor Leste, pada menit ke-51, karena pelanggaran Ernando Sutaryadi. Mouzinho de Lima selaku eksekutor sukses membawa Timor Leste menyamakan kedudukan. Tendangannya tak bisa dibendung Ernando.

Permainan keras Timor Leste akhirnya berujung kartu merah. Menit ke-58, tendangan kungfu didapat Bagus Kahfi oleh Nelson Pinto. Dia pun langsung diusir wasit.

Indonesia mampu kembali unggul berkat tendangan keras David Maulana, yang membentur pemain Timor Leste, lalu mengarah ke gawang. 2-1, menit ke-62.

Unggul jumlah pemain, Indonesia makin dominan. Gol ketiga hadir menit ke-77. Kali ini Fajar Fatur menyambut umpan silang mendatar Supriadi dengan sepakan kerasnya.

Hingga pertandingan selesai, Indonesia yang masih coba untuk mencetak gol akhirnya menyelesaikan pertandingan dengan skor 3-1.

Pergantian Pemain Menjadi Kunci Kemenangan Indonesia

Selebrasi gol David Maulana (Dok. PSSI)

Usai laga, pelatih kepala Timnas Indonesia U19, Fakhri Husaini, mengatakan kalau kunci suksesnya dalam memenangi laga pertama 3-1 melawan Timor Leste, salah satunya adalah, pergantian pemain.

“Masuknya Supriadi dan perubahan Bagus menjadi striker merupakan dua kunci sukses kemenangan kami. Selain itu juga datang kartu merah yang membuat kami lebih bisa mengendalikan pertandingan dan membuat banyak peluang,” tutur Fakhri.

Dia juga bersyukur bisa mendapatkan tiga poin di laga pertama, seperti diakuinya, laga pertama selalu sulit bagi tim manapun.

“Syukur Alhamdulillah pada laga pertama kami bisa mendapatkan tiga poin. Di mana-mana laga pertama itu tidak mudah, namun pemain berhasil menghadapi tekanan dalam lapangan,” katanya.

Fakhri menilai, satu kekhawatirannya yaitu dengan faktor mental anak-anak asuhnya.

“Faktor mental yang tadi saya khawatirkan karena harapan besar dari masyarakat yang ditakutkan bisa mengganggu, hilang. Mereka bisa mengatasi semua tekanan faktor mental yang kami khawatirkan dan itu terlihat. Meski menang banyak catatan tadi yang perlu kami perbaiki supaya kami bisa bermain lebih baik lagi,” jelasnya.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Timnas U-19 Indonesia: Ernando Ari-pg, Amiruddin Bagas, Rizky Ridho Ramadhani, Alfeandra Dewangga, Muhammad Salman Alfarid, Theo Numberi (79’, Brylian Aldama), David Maulana (kapten), Beckham Putra Nugraha (86’, Serdy Fano Boky), Muhammad Fajar Fathur, Amiruddin Bagus, Sutan Zico (53’, Mochammad Supriadi).

Timnas U-19 Timor Leste: Junildo Pereira-kapten, Orcelio Moises, Jamito Soares, Jhon Ornai Liu (77’, Dom Lucas), Elias Masquita, Paulo Domingos Freitas (76’, Danilson Araujo), Mouzinho de Lima (80’, Ejivanio da Costa), Expedito da Conceicao, Gumario da Silva Morreira (kapten), Osorio da Cos, Nelson Dos Reis.

Comments

BERITA TERBARU

To Top