ADVERTORIAL

Safari Subuh Bupati Kutai Kartanegara, Takmir Masjid Didorong Perkuat Kegiatan Keagamaan dan Ekonomi Umat

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat safari subuh di Loa Kulu. (Dok. Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damanyah mendorong agar takmir masjid dapat memperkuat dan mengoptimalkan kegiatan-kegiatan keagamaan dan ekonomi umat. Hal ini disampaikannya saat kegiatan Safari Subuh di Masjid Sabilarrosad Dusun Taman Arum RT 9, Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu, Ahad (3/11/2019).  

“Saya mendorong agar semua takmir masjid yang sudah mengikuti bimbingan teknis manajemen masjid agar mengoptimalisasikan peran masjid terhadap berbagai kegiatan keagamaan dan pembinaan ekonomi umat,” kata Edi yang telah melaksanakan safari subuhnya yang ke-104.

Edi juga mengapresiasi atas sumbangsih dan peran takmir masjid yang sudah mengorbankan waktunya untuk mengurus kepentingan umat. “Ya, kehadiran tim safari subuh di Masjid Sabilarrosad merupakan bagian dari pembinaan ummat dan menyemangati semua takmir masjid untuk terus memakmurkan dan mengurus masjid,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Kukar Supriayanto mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan perguruan tinggi Ilmu Al Quran Jakarta dan MUI dalam memberikan pelatihan kepada takmir masjid terkait dengan Manajemen Masjid.

Pelatihan tersebut untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap masjid, diperuntukkan hanya untuk ibadah saja, tetapi masjid juga berfungsi menjadi pusat pembinaan bagi umat.

“Masjid itu merupakan sentral pembinaan umat baik itu menyangkut keagamaan maupun sosial kemasyarakatan seperti pembinaan ekonomi umat,” jelasnya.

Ditambahkan Edi, dengan diberikan pelatihan terkait manajemen masjid, nantinya takmir masjid betul-betul dapat mengelola masjid sesuai peruntukannya.

“Inilah diharapkan peran takmir masjid dalam memakmurkan masjid, bukan hanya melaksanakan ibadah salat saja melainkan sebagai tempat kegiatan sosial dan pembinaan ummat,” bebernya.

Kegiatan safari subuh di Masjid Sabilah Rosad, diakhiri dengan tauziah disampaikan Ustaz KH Harunurrasyid. Dengan mengangkat tema ‘Bagaimana tanggung jawab dalam mengelola dan mempedulikan masjid’. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top