ADVERTORIAL

Bupati Kutai Kartanegara Serahkan Bantuan Sekaligus Gelar Syukuran Panen Bersama Petani

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat berada di tengah-tengah para petani di Kecamatan Muara Kaman. (Dok. Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Kedekatan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dengan para petani kerap menyita perhatian publik. Suasana akrab dan saling memberi masukan, kerap mewarnai pertemuan saat Edi berada di tengah-tengah para petani.

Salah satunya adalah kunjungan bupati saat mengikuti sukuran panen pada di Desa Sidomukti, Kecamatan Muara Kaman, Kukar akhir Oktober lalu. Dalam kegiatan yang dihadiri Bupati Edi Damansyah itu, para petani tak segan menyapa dan menyampaikan berbagai masukan.

Bagi Edi Damansyah, kualitas serta kuantitas saat bertemu petani itu, bisa membuat dirinya semakin memahami kondisi pertanian di Kukar. Termasuk berbagai kebutuhan yang diprioritaskan untuk diberikan kepada para petani. Dalam acara tersebut, dihadiri para anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sidomukti Kecamatan Muara Kaman.

Edi Damansyah pun turut menyerahkan sejumlah sarana prasarana pertanian diantaranya Handtractor, Power Threser, Pompa Air, pemipil jagung (Corn Sheller), benih padi, hingga semenisasi parit tersier dan pemberian Kartu Asurasi Nelayan, untuk beberapa kelompok tani/nelayan di Muara Kaman.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat menyapa masyarakat Desa Sidomukti, Kecamatan Muara Kaman. (Dok. Humas Pemkab Kukar)

“Petani ini adalah pahlawan pangan. Kontribusinya sangatlah besar. Makanya tidak perlu ada jarak antara saya serta pejabat dari instansi terkait dengan para petani. Jadi apapun yang ingin disampaikan untuk kemajuan pertanian, kita diskusikan bersama,” ujar Edi Damansyah.

Pria yang juga Ketua Kontan Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kukar itu pun menegaskan, kegiatan semacam ini bisa menjadi momen silaturahim antara pemerintah dan masyarakat, juga untuk mendengarkan permasalahan yang dihadapi para petani dan bagaimana solusinya.

“Pertemuan seperti ini sangat berarti buat saya, selain mengetahui langsung kendala dan hambatan yang dialami petani dalam meningkatkan produksinya juga bisa berbagi pengalaman dan terus berinovasi terhadap sumber daya yang dapat diperbaharui,“ katanya.

Ia pun berharap agar petani bisa terus berinovasi dalam peningkatan produksi pertanian di masing-masing wilayah dan jika terjadi permasalahan bisa diatasi dengan cepat. Pemahaman terhadap kearifan lokal di sektor pertanian pun bisa menjadi sumber daya untuk mendukung peningkatan hasil pertanian.

“Saya harap para petani selalu berupaya mengembangkan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi, terutama penerapan teknologi tepat guna, dalam rangka mempermudah pekerjaan, menghemat sumber daya, dan mampu memberikan nilai tambah pada produk pertanian,” tutupnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top