EKONOMI & BISNIS

Pemprov Kaltim Tawarkan Investasi Hilirisasi Sarang Burung Walet ke Investor Hongkong

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi menerima delegasi perwakilan pengsuaha Hongkong (Dok. Humas Pemprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) menawarkan investasi hilirisasi sarang Burung Walet kepada investor Hongkong. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat menerima perwakilan pengusaha Hongkong, di kantor Gubernur Kaltim, Selasa (29/10).

Rombongan yang dipimpin Director General of Hongkong Economic and Trade Office Mr Kin Wai Lau bersama Deputy Director Commercial Relation Hongkong Economic and Trade Office Mr Recky Cheng dan Head of Investment Promotoin InvestHK Mr Hillwan Yogi Brahmanda, Assistent Manager of Investment Promotoin InvestHK Mr Andi Hermanto dan Commercial Relation Officer of Hongkong Economic and Trade Office Mr Rayson Hutapea.

Dalam kesempatan tersebut, Hadi menyatakan, produksi sarang Burung Walet di Kaltim cukup tinggi. Bahkan 10 persen total ekspor Indonesia kontribusi Benua Etam. Namun sayangnya, kontribusi kepada keuangan daerah masih minim.

“Produksi walet kami cukup besar. Namun efeknya tidak terlalu besar bagi petani dan daerah. Sebab, pajak ekspor dinikmati daerah pengirim. Tapi bukan Kaltim,” jelasnya.

Hadi menjelaskan, sejak Januari hingga September tahun ini total produksi Kaltim sudah mencapai 201 ton. Hasil produksi tersebut di ekspor ke pelbagai negara. Yaitu sekitar 60 ton lewat Samarinda dan 141 ton dari Balikpapan melalui Surabaya Jawa Timur maupun Semarang Jawa Tengah. “Sebab, pengiriman ekspornya melalui daerah-daerah tersebut,” imbuhnya.

Oleh karenanya, kedatangan perwakilan pengusaha dari Hongkong ini dimanfaatkan wagub untuk menawarkan investasi untuk hilirisasi produksi sarang walet Kaltim.

“Ini saya sampaikan kepada bapak-bapak. Semoga berminat berinvestasi hilirisasi produk walet kami,” ungkap Hadi.

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi memberikan cinderamata kepada perwakilan pengusaha Hongkong. (Dok. Humas Pemprov Kaltim)

Sebelumnya, Wagub Hadi menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan pemerintah serta masyarakat Kaltim atas kunjungan jajaran setingkat pejabat kantor perdagangan dan ekonomi di Hongkong tersebut.

Dalam kesempatan itu, Hadi memaparkan berbagai potensi yang dimiliki Kaltim. Mulai sumber daya alam (SDA) tidak terbarukan berupa  minyak dan gas bumi serta batubara. Maupun SDA terbarukan seperti kelapa sawit (CPO) hingga usaha sarang walet.

Sementara Director General of Hongkong Economic and Trade Office Kin Wai Lau mengakui, bahwa ini kunjungan awal pihaknya ke Kaltim dan tentu ada pertemuan berikutnya untuk kerjasama maupun investasi.

“Kaltim sebagai ibu kota negara. Kami sudah ada hubungan dan kerjasama dengan Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Kami ingin mengetahui seberapa besar potensi Kaltim,” ujarnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top