METROPOLIS

Dari 26 Ribu Pendaftar, Hanya 7.988 Mahasiswa/Siswa Terverifikasi Calon Penerima Beasiswa Kaltim

Beasiswa Kalimantan Timur (Foto: kaltimtuntas.id)

SAMARINDA, Kate.id – Sejak di launching pada 16 September lalu, program Beasiswa Kalimantan Timur (BKT) cukup diminati. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pendaftar melalui daring di laman resmi BKT, www.kaltimtuntas.id

Berdasarkan data dari laman resmi BKT tersebut, mahasiswa/siswa Kaltim yang membuat akun untuk mengikuti program beasiswa mencapai lebih dari 50 ribu. Sedangkan untuk yang mengajukan pendaftaran hanya sekitar 24 ribu.

Ketua Badan Pengelola (BP)-BKT Iman Hidayat, dalam keterangannya Minggu (27/10) malam, mengungkapkan, pihaknya telah mengumumkan hasil verifikasi berkas oleh BP-BKT terhadap pendaftar beasiswa yang skoringnya masuk nominasi. 

“Totalnya ada 7.988 mahasiswa/siswa pendaftar yang telah lolos verifikasi dan skoring untuk calon penerima beasiswa yang terbagi dua kategori, yakni Beasiswa Tuntas dan Beasiswa Stimulan,” ungkapnya.

Dari total 7.988 mahasiswa/siswa yang terverfikasi menjadi calon penerima beasiswa terbagi dalam dua kategori. Pertama untuk Beasiswa Tuntas sebanyak 3.229 mahasiswa/siswa. Kemudian Beasiswa Stimulan sebanyak 4.759 mahasiswa/siswa.

Imam menjelaskan, mereka yang telah terverifikasi menjadi calon penerima beasiswa sudah dihubungi per kontak melalui akun emailnya masing-masing. Mereka yang sudah dihubungi itu, lanjut dia, diberi waktu 10 hari (sejak pengumuman) untuk mengirimkan dokumen yang diupload dalam bentuk hard copy.

“Karena dari sisi nilai (scoring) sudah memenuhi syarat. Berkas tersebut diserahkan kepada Tim Sekretariat Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim. Cuma kita tidak menerima tatap muka, jadi bisa dikirimkan lewat PT Pos atau jasa pengiriman lainnya paling lambat 5 November 2019,” jelasnya.

Kata dia, para calon penerima beasiswa wajib menyerahkan hard copy dari berkas yang sudah diupload pada laman resmi BKT. Jika dalam waktu 10 hari tersebut, calon penerima beasiswa tidak menyerahkan berkasnya maka dinyatakan gugur.

“Tahapan selanjutnya adalah verifikasi faktual terhadap berkas fisik yang diterima di Sekretariat. Selanjutnya dibuatkan surat keputusan dari Kepala Dinas Pendidikan untuk diusulkan kepada gubernur. Dan setelah itu akan diterbitkan surat keputusan gubernur untuk penerima beasiswa. Jadi dari pendaftar diverifikasi menjadi calon penerima beasiswa, kemudian diputuskan sebagai penerima beasiswa,” tambahnya. 

Adapun alamat pengiriman berkas fisik, yaitu ke Tim Sekretariat Beasiswa Kaltim Tuntas 2019, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Lantai 4, Jalan Basuki Rahmat No. 05 Kelurahan Bugis, Pelabuhan, Samarinda-Kaltim, Kode Pos 75112. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top