SEPAK BOLA

Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

logo Piala Dunia U-20 2021.

Kate.id – Kabar gembira bagi dunia sepak bola tanah air. Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Indonesia terpilih setelah mengungguli dua pesaingnya yaitu Brazil dan Peru. Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Kamis, pengumuman tersebut dilakukan dalam rapat Dewan FIFA yang digelar di Shanghai, Tiongkok, Kamis (24/10/2019) siang WIB.

“Selamat untuk Indonesia,” kata Gianni Infantino, Presiden FIFA yang mengumumkan langsung penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengungkapkan rasa syukurnya atas keputusan ini. “Alhamdulillah kerja keras kita membuahkan hasil. Presentasi kita dinilai dan diterima baik oleh FIFA,” ungkapnya dalam laman resmi PSSI.

Dalam hal ini mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan dukungan penuh kepada PSSI. Tisha juga menyampaikan apresiasi untuk jajaran kementerian terkait dan kepala daerah yang berkomitmen untuk membantu PSSI mewujudkan mimpi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2021.

Bagi sepak bola Indonesia, lanjut Tisha, keputusan ini merupakan hal yang bersejarah. Lantaran dari menjadi tuan rumah penyelenggaraan event regional dan Asia, naik ke event skala dunia.

“Setelah beberapa kali mendapatkan kepercayaan dari komunitas sepak bola Asia, kali ini PSSI naik level dengan mendapatkan kepercayaan keluarga sepak bola internasional setelah ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021,” sebutnya.

Dia mengungkap 10 stadion yang bakal digunakan sebagai venue Piala Dunia. Yaitu meliputi sebagai tuan rumah kelak, Indonesia menyiapkan sepuluh stadion. Meliputi Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Keputusan ini sendiri menjadikan Indonesia sebagai negara kedua di kawasan Asia Tenggara yang menggelar Piala Dunia U-20. Sebelumnya Malaysia pernah menjadi ‘host’ pada tahun 1997 saat nama turnamen masih Kejuaraan Dunia Pemuda FIFA.

Sebagai tuan rumah, Indonesia juga berhak tampil langsung di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Itu akan menjadi penampilan perdana timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 sepanjang sejarah. Adapun timnas yang disiapkan untuk mengikuti turnamen tersebut adalah timnas U-19 yang kini dilatih oleh Fakhri Husaini. Artinya, timnas U-19 tidak perlu lagi harus lolos dan melaju ke semifinal Piala Asia U-19 2020 untuk melangkah ke Piala Dunia U-20 2021. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top