NASIONAL

Jokowi Umumkan Kabinet Baru, Ini Daftar Nama Menterinya

Duduk di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10) pagi, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin mengumumkan nama-nama anggota Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Rahmat/Humas)

JAKARTA, Kate.id – Presiden RI terpilih, Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi mengumumkan kabinet pemerintahannya yang baru, Rabu (23/10/2019). Sesuai dengan yang direncanakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan 34 nama menteri dan 4 pejabat setingkat menteri yang akan membantu pemerintahannya bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024.

Pengumuman itu dilakukan di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu pagi. Dengan cara duduk bersama Wakil Presiden, dan seluruh menteri itu, Jokowi menyampaikan nama kabinetnya adalah Kabinet Indonesia Maju. “Dalam jangka pendek ini lima tahun ke depan, fokus pada pengembangan SDM, penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” kata Jokowi.

Dari 38 nama menteri dan pejabat negara setingkat menteri tersebut, 22 orang berasal dari kalangan profesional. Sementara yang berlatar belakang politik sebanyak 16 orang. Dengan komposisi ini, Jokowi membuktikan janjinya yang sebelumnya menyebut kabinetnya akan lebih didominasi kalangan profesional ketimbang politisi. Seperti Nadiem Makarim yang menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Wishnutama yang menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan dr Terawan yang menjadi Menteri Kesehatan.

Pun demikian, Jokowi juga membuktikan masih ada nama-nama lama yang tetap menghiasi kabinetnya. Setidaknya sebelas nama menteri dari kabinet lama dipertahankan Jokowi, di antaranya Sri Mulyani yang masih menjabat Menteri Keuangan, Siti Nurbaya Bakar yang masih menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), serta Budi Karya Sumadi yang menjabat Menteri Perhubungan. Senada di barisan pejabat negara setingkat menteri, Moeldoko tetap menjabat Kepala Staf Kepresidenan, sementara Pramono Anung tetap sebagai Sekretaris Kabinet.

Terdapat pula nama lama tetap dipertahankan di kabinet baru, namun menempati posisi menteri yang berbeda dari sebelumnya. Seperti Airlangga Hartarto yang sebelumnya menjabat Menteri Perindustrian, kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Tjahjo Kumolo yang kini menjabat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Dari jajaran para politisi, sederet nama menarik hadir mewarnai kabinet di periode kedua pemerintahan Jokowi ini. Yang paling terlihat adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menjadi Menteri Pertahanan (Menhan). Padahal diketahui Prabowo merupakan lawan politik Jokowi dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 lalu. Bukan hanya Prabowo, tokoh Partai Gerindra lainnya juga masuk dalam kabinet, yaitu Edhy Prabowo yang menggantikan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin berfoto bersama seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju, di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Menariknya, Jokowi mengangkat kembali Yasonna Hamonangan Laoly sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Padahal Yasonna pada kabinet sebelumnya telah mengundurkan diri lantaran terpilih sebagai Anggota DPR RI periode 2019-2024. Selain Yasonna, pejabat lain yang ditarik dari jabatan lainnya untuk menjadi menteri yaitu Tito Karnavian, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), kini menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Terkait kabinet baru ini, Jokowi mengaku  telah memerintahkan kepada seluruh pejabat baru di dalamnya untuk tidak korupsi dan menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi. Kemudian, tidak ada visi misi menteri, yang ada pada visi misi presiden dan wakil presiden. Lalu dia meminta agar semua menteri dan pejabat setingkat menteri dalam kabinetnya bekerja cepat, kerja keras, dan kerja produktif. Pun demikian, dia berharap para menterinya tidak terjebak pada rutinitas yang monoton serta mesti bekerja dengan berorientasi pada hasil nyata.

“Kemarin di dalam pelantikan sudah saya sampaikan, tugas kita tidak hanya menjamin sent, tetapi delivered. Selalu mengecek masalah di lapangan, cek masalah di lapangan dan temukan solusinya. Yang terakhir semuanya harus serius dalam bekerja. Saya pastikan yang enggak serius, yang enggak sungguh-sungguh, saya sudah berikan kemarin semuanya, hati-hati bisa saya copot di tengah jalan,” ungkap Jokowi.

Berikut nama-nama anggota Kabinet Indonesia Maju:

  1. Menko Polhukam: Mahfud MD
  2. Menko Perekonomian: Airlangga Hartarto
  3. Menko PMK: Muhadjir Effendy
  4. Menko Kemaritiman dan Investasi: Luhut B Pandjaitan
  5. Menteri Pertahanan: Prabowo Subianto
  6. Menteri Sekretaris Negara: Pratikno
  7. Mendagri: Jenderal Tito Karnavian
  8. Menteri Luar Negeri: Retno L.P. Marsudi
  9. Menteri Agama: Jenderal (Purn) Fachrul Razi
  10. Menteri Hukum dan HAM: Yasonna H. Laoly
  11. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati
  12. Mendikbud: Nadiem Makarim
  13. Menteri Kesehatan: dr. Terawan Agusputranto
  14. Menteri Sosial: Juliari Batubara
  15. Menteri Ketenagakerjaan: Ida Fauziyah
  16. Menteri Perindustrian: Agus Gumiwang Kartasasmita
  17. Menteri Perdagangan: Agus Suparmanto
  18. Menteri ESDM: Arifin Tasrif
  19. Menteri PUPR: Basuki Hadimuljono
  20. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi
  21. Menkominfo: Johnny G Plate
  22. Menteri Pertanian: Syahrul Yasin Limpo
  23. Menteri LHK: Siti Nurbaya Bakar
  24. Menteri Kelautan dan Perikanan: Edhy Prabowo
  25. Mendes PDTT: Abdul Halim Iskandar
  26. Menteri ATR/Kepala BPN: Sofyan Djalil
  27. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Suharso Monoarfa
  28. Menteri PANRB: Tjahjo Kumolo
  29. Menteri BUMN: Erick Thohir
  30. Menkop UKM: Teten Masduki
  31. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama Kusbandio
  32. Menteri PPPA: Gusti Ayu Bintang Darmawati
  33. Menristek: Bambang Brodjonegoro
  34. Menpora: Zainudin Amali
  35. Kepala Staf Kepresidenan: Moeldoko
  36. Sekretaris Kabinet: Pramono Anung Wibowo
  37. Kepala BKPM: Bahlil Lahadalia
  38. Jaksa Agung: ST Burhanuddin. (*)

Writer: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top