WISATA

Pas Buat Selfie, Ini 10 Destinasi Wisata Pilihan di Kota Santri

Kebun bunga di Taman Ponggok, Jombang. (Foto: IG @al_baihaqy02)

BILA bicara tempat-tempat pariwisata di Jawa Timur (Jatim), kebanyakan akan menyebut Malang atau Banyuwangi. Padahal, beberapa kota lain di provinsi ini juga menyimpan banyak tempat wisata yang menarik dan layak dikunjungi. Salah satunya Kabupaten Jombang, tempat kelahiran Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Berbagai jenis tempat wisata bisa ditemukan di kabupaten yang berjarak tempuh sekira dua jam dari Surabaya ini. Mulai dari wisata alam, dan wisata budaya yang tentunya sangat menarik diabadikan dalam jepretan kamera. Instagrammable kalau meminjam istilah generasi kekinian.

Dilansir dari laman TripZilla, berikut sepuluh destinasi wisata di Jombang yang patut dikunjungi bila sedang berada di kabupaten berjuluk ‘Kota Santri’ ini. Bukan cuma pas buat refreshing, tapi juga pas banget buat swafoto alias selfie.

1. GOA JEPANG

Foto: IG @deni_setiawan_39

Terletak di Kedunglumpang, Mojoagung, kawasan wisata Goa Jepang menyuguhkan pemandangan alam yang menarik. Lanskap perbukitan yang hijau menjadi panorama utamanya. Yang mengasyikkan lagi, terdapat spot gardu pandang dan berfoto yang Instagrammable.

2. TAMAN KEPLAKSARI

Foto: IG @_slffyh_

Berada di Keplaksari, Peterongan, taman ini berada tak jauh dari pusat kota Jombang. Taman ini pas banget dijadikan rujukan untuk bersantai dan menikmati pemandangan taman yang hijau. Selain itu, di taman ini juga terdapat rumah Hobbit yang keren yang pas banget buat dijadikan latar swafoto.

3. BALE TANI JOMBANG

Foto: IG @ndah_ws

Bale Tani Jombang cocok banget buat kalian yang tertarik belajar tentang pertanian. Di sini, kalian dapat belajar mengenai semua hal tentang pertanian. Yang menjadikannya semakin menarik yaitu proses belajar dilakukan di area yang Instagrammable karena berupa lahan pertanian dengan banyak spot foto. Lokasinya berada di Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Bareng. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor kontak di 0851-0025-0379.

4. WANA WISATA SUMBER BIRU

Foto: IG @roni16akbar_syamsuhar

Bagi yuang suka ngopi, Wana Wisata Sumber Biru merupakan destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Karena di sini kalian bisa merasakan serunya menikmati secangkir kopi di tengah sungai dengan alirannya yang tenang. Terletak di Dusun Wonotirto, Wonomerto, Wonosalam, tempat wisata ini bukan hanya menyuguhkan pesona alam dan nuansa yang anti-mainstream serta Instagrammable. Melainkan kalian juga bisa bersantai sembari mengudap kuliner khas Jombang yang sedap.

5. GOA SIGOLO GOLO

Foto: IG @fajar.rois

Goa Sigolo Golo di Segolo-golo Eco Park, Area Swah/Kebun Panglungan, Wonosalam ini menjadi salah satu destinasi wisata di Jombang yang cukup mengesankan. Tidak sedikit wisatawan yang lebih tertarik dengan pesona panorama alam di sekitar kawasan wisata tersebut. Hijaunya lanskap perbukitan di sekitarnya serta hawa yang sejuk menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk bersantai di kawasan ini.

6. BANYUMILI ECO TOURISM

Foto: IG @firlysyafaa

Rumah Hobbit dalam serial The Lord of The Rings merupakan sesuatu yang unik karena ukurannya yang pendek dan kecil. Nah, rumah seperti ini bisa kalian temukan kalau kalian berkunjung ke Banyumili Eco Tourism yang berada di Carangwulung, Wonosalam. Tempat wisata buatan warga ini terbilang yang cukup Instagrammable-lah buat kalian yang selalu ingin eksis. Tentu keberadaan rumah Hobbit di tengah taman memberikan keunikan tersendiri dan bisa menjadi latar yang menarik untuk aktivitas narsis kamu. Info lengkap mengenai tempa ini bisa menghubungi nomor kontak di: 0822-5733-5891.

7. TAMAN PONGGOK

Foto: IG @sherlyoliv

Terletak di Banjar Sari, Bandar Kedung Mulyo, kawasan ini bisa dibilang wajib dikunjungi bagi pemburu spot selfie yang Instagrammable di Jombang. Tidak sedikit tempat menarik yang bisa latar swafoto di sini. Yang paling mengasyikkan sih katanya di tengah padang bunga Calendula yang sedang mekar. Langsung aja datangi dan buktikan pesonanya!

8. AIR TERJUN TRETES

Foto: IG @yahya.kaa

Air Terjun Tretes bisa dibilang merupakan primadona pariwisata di Jombang. Rasanya kurang pas kalau datang ke Jombang tapi belum mengunjungi air terjun tertinggi ketiga di Indonesia ini. Meski debit airnya tidak besar, namun nuansa alaminya begitu terasa. Tentunya air terjun ini jadi destinasi wajib bagi yang ingin menikmati pemandangan alam yang masih asri. Lokasinya berada di Galengdowo, Wonosalam.

9. KAMPOENG DJAWI

Foto: IG @nailaafifah8

Dusun Gondang di Desa Carangwulung, Wonosalam menyimpan sebuah kampung yang pas banget deh buat kalian jadikan tempat wisata. Kampoeng Djawi namanya. Di sini kalian bisa berwisata sekaligus menginap di lokasi yang asyik, menyatu dengan alam dan eksentrik. Banyak hal menarik yang menjadikan tempat ini kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Lantaran selain pesona pemandangan yang aduhai dan kolam renang outdoor yang asyik, interior bangunan diciptakan dengan nuansa kerajaan yang bakal membuat kalian berfantasi ke masa lalu. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa menghubungi nomor kontak 0812-3183-9995.

10. KEDUNG CINET

Foto: IG @mulyanto_sudarmawan

Ingin pergi ke Grand Canyon tapi gak ada duit? Maka Kedung Cinet di Pojok Klitih, Plandaan ini bisa jadi alternatif buat kalian. Karena di sini kalian bisa menemukan miniatur Grand Canyon. Tak heran bila lokasi ini jadi salah satu destinasi primadona bagi penikmat jalan-jalan yang tertarik pada lanskap yang anti-mainstream, dengan nuansa alam yang masih natural dan spot yang Instagrammable. Banyak spot berswafoto yang tentunya begitu eksotik di sini. (*)

Editor: Tony Borneo

 

Comments

BERITA TERBARU

To Top