METROPOLIS

Kotawaringin Timur Jadi Tuan Rumah Porprov Kalteng 2022

Ketua KONI Kotim Ahyar Umar (tengah) bersama pengurus lainnya usai rapat KONI Kalteng di Pangkalan Bun, Rabu (16/10/2019). (Foto: KONI Kotim)

SAMPIT, Kate.id – Tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) 2022 mendatang akhirnya diketahui. Adalah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang meraih suara terbanyak dalam pemilihan tuan rumah Porprov tersebut.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan ini. Kami segera mematangkan persiapan agar pelaksanaan Porprov nanti berjalan dengan baik,” kata Ahyar Umar selaku Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Rabu (16/10/2019), dikutip dari Kantor Berita Antara.

Dipilihnya Kotawaringin Timur sebagai tuan rumah Porprov Kalteng 2022 merupakan hasil pemilihan dalam rapat anggota KONI Kalteng di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Saat pemungutan suara, kandidat calon tuan rumah Porprov mengerucut pada dua daerah yaitu Kotim dan Kobar. Total suara yang diperebutkan 47 suara, terdiri dari 33 suara cabang olahraga dan 14 suara KONI kabupaten dan kota.

Hasil pemungutan suara, Kotim mendominasi dengan memperoleh 41 suara. Suara ini jauh lebih tinggi dibanding tuan rumah acara yaitu Kobar yang hanya memperoleh dukungan 6 suara.

Atas dipilihnya Kotim sebagai tuan rumah, Ahyar menyatakan pihaknya optimistis Porprov 2022 bisa terlaksana dengan baik. Saat ini venue sebagian cabang olahraga sudah siap, sembari membenahi venue-venue lainnya. Kata dia, ada dua venue baru yang dibutuhkan yaitu kolam renang dan sirkuit road race. Pemerintah Kabupaten Kotim sudah meyakinkan bahwa dua venue itu akan siap sebelum Porprov dilaksanakan.

Untuk itu, Ahyar menyebut KONI Kotim meminta dukungan seluruh masyarakat agar kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Dipilihnya Kotim menjadi tuan rumah Porprov Kalteng 2022 merupakan hasil pilihan mayoritas KONI kabupaten, kota dan pengurus cabang olahraga Provinsi Kalteng.

“Lucu kalau orang dari luar kabupaten mendukung, tetapi orang di daerah sendiri tidak mendukung. Untuk target, kami optimistis bisa menjadi juara umum Porprov, apalagi kami menjadi tuan rumah. Ini tidak usah dikaitkan dengan kebijakan lainnya, karena ini memang murni untuk kemajuan olahraga Kotawaringin Timur,” ujar Ahyar.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kotim Halikinnor mengatakan, pemerintah kabupaten sangat mendukung daerah ini menjadi tuan rumah Porprov. Dukungan itu juga diwujudkan dengan membenahi fasilitas olahraga yang ada dan membangun sarana lain yang dibutuhkan.

Menurut Halikinnor, Kotim memang lebih siap dibandingkan daerah lain. Selain venue olahraga sudah siap, sarana pendukung seperti hotel, transportasi hingga hiburan di daerah ini jauh lebih memadai dan lengkap.

“Kegiatan ini tidak hanya terkait olahraga, tetapi juga positif bagi sektor lain, khususnya mendukung sektor pariwisata. Kami juga harus optimistis meraih sukses ganda dalam event nanti, yakni sukses sebagai tuan rumah dan sukses menjadi juara umum,” tegas Halikinnor. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top