SAINS & TEKNO

Dukung Palapa Ring, Pemerintah Target Bangun Empat Ribu BTS

ilustrasi BTS. (Foto: Data Centric Technology)

JAKARTA, Kate.id – Pemerintah merencanakan pembangunan empat ribu base transmission station (BTS) di berbagai daerah di tanah air, khususnya di wilayah timur dan pedalaman. Hal ini menyusul pengoperasian Palapa Ring atau “tol langit” yang telah resmi dilakukan. Sebanyak lima ratus BTS akan dieksekusi hingga akhir tahun ini, sementara sisanya pada 2020.

“Sampai posisi sekarang ini sudah seribu lokasi BTS. Nanti di akhir tahun akan tambah lima ratus lagi. Nanti, di tahun 2020, seperti kata Pak Presiden kami akan selesaikan 3.500, jadi empat ribu itu lima ratus sekarang (2019), plus 3.500,” ujar Anang Achmad selaku Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurut Anang, saat ini para kepala dinas berserta beberapa bupati telah mengumpulkan rancangan. Lantaran pembangunan BTS akan berdasarkan lokasi yang diusulkan pemerintah daerah. Lebih lanjut dia mengatakan, sebanyak 50 persen dari empat ribu BTS tersebut akan berlokasi di Papua dan Papua Barat. Pembangunan BTS itu akan menggunakan anggaran Universal Service Obligation (USO).

“Sekarang fokusnya ke perbatasan dan 3T. Diprioritaskan awal ya, bukan berarti daerah lain enggak dibangun. NTT juga banyak lokasi yang masih blank spot,” bebernya.

Pembangunan BTS tersebut diharapkan dapat melengkapi Palapa Ring yang telah selesai dibangun. Dengan, pembangunan infrastruktur tersebut, Anang berharap Indonesia benar-benar merdeka sinyal pada 2020.

“Tujuan yang paling penting konsep pemerataan sinyal 4G hingga pelosok seluruh kabupaten di Indonesia. Bagaimana operator bisa memanfaatkan dan menjual layanannya dengan harga yang terjangkau,” ujar Anang.

“Bagaimana pemanfaatannya ini ketika internet hadir dalam genggaman bisa positif, jangan sampai internet bagai pisau bermata dua tapi justru berdampak positif ekonomi, edukasi, hampir semua sektor punya program unggulan,” tandasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top