POLITIK

Pembentukan Alat Kelengkapan DPRD Kaltim Diwarnai Ketegangan, Ini Hasilnya

DPRD Provinsi Kaltim, saat menggelar rapat paripurna ke-4, Selasa (15/10), dengan agenda pengumuman Alat Kelengkapan DPRD (AKD) Kaltim. (Humas DPRD Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akhirnya menyelesaikan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). AKD disahkan melalui rapat paripurna, Selasa (15/10/2019). Sayangnya, rapat paripurna penetapan yang berlangsung di Gedung D lantai 6 tersebut berlangsung tertutup. Awak media tak bisa melihat secara langsung jalannya paripurna.

Dinamika penetapan dikabarkan tegang. Tarik ulur kepentingan jabatan posisi pimpinan AKD disinyalir jadi sebab. Dari informasi yang diterima media ini, terjadi debat sengit di internal Fraksi-Golkar. Khusus berkaitan dengan posisi Komisi III. Komisi yang dianggap paling “basah”. Membidangi pembangunan, meliputi Pekerjaan Umum, Perencanaan Pembangunan, Perhubungan, Pertambangan dan Energi, Perumahan Rakyat dan Lingkungan Hidup, hingga Penelitian dan Pengembangan Daerah. 

BACA JUGA: Delapan Fraksi Berebut Kursi Pimpinan Alat Kelengkapan DPRD Kaltim

Sumber yang tidak mau disebutkan namanya yang mengikuti jalannya paripurna menyampaikan. Anggota DPRD Kaltim F-Golkar Andi Harahap merasa tidak puas dengan format utusan F- Golkar dalam pimpinan AKD. F-Golkar dapat jatah pimpinan Ketua Komisi III. Andi Harahap merasa penetapan ketua tidak transparan. Ia tidak dilibatkan. “Bahkan beliau sampai gertak meja karena kecewa,” kata sumber internal dewan.

Anggota DPRD Kaltim F- Golkar Andi Harahap (Kate.id)

Andi Harahap, yang juga mantan Bupati PPU (2008-2013) ini disebut mengincar Ketua Komisi III. Namun yang diusulkan ke pimpinan, F-Golkar mengutus Hasanuddin Masud sebagai ketua Komisi III. “Oh enggak. Biasa saja itu. Tidak ada apa-apa,” kata Andi Harahap saat dikonfirmasi usai paripurna.

Andi Harahap sendiri mengaku legowo dengan penetapan AKD itu. Ia mengaku masuk sebagai Anggota Komisi III dan Badan Anggaran dari F- Golkar. Ia akan bekerja maksimal menjalankan tugas tersebut. “Nanti teman-teman (wartawan) untuk urusan komisi III, jangan sungkan datang ke Saya,” ajaknya.

Fraksi Golkar, PDIP, Gerindra, dan PAN Dapat Tiga Pimpinan

Pimpinan AKD sendiri, ditetapkan ada 16 kursi. Dari 4 komisi dan 2 badan. Dari ketua, wakil dan sekretaris. Ini dibagi kepada 8 fraksi di DPRD Kaltim. Dengan kolektif kolegial, semangat kebersamaan. Berbagi secara proporsional.

Dari jumlah pimpinan tersebut, F- Golkar, PDIP, Gerindra, dan PAN masing-masing mendapat 3 kursi pimpinan. Sedangkan fraksi lain, F- PKB, PPP, PKS, dan F- Demokrat/Nasdem masing-masing dapat satu kursi pimpinan.

Untuk ketua masing-masing AKD, Komisi I dijabat oleh Jahidin dari F- PKB. Komisi II dijabat oleh Veridiana Huraq Wang dari F- PDIP. Komisi III dijabat oleh Hasanuddin Masud dari F- Golkar dan Komisi IV dijabat oleh Rusman Yaqub dari F- PPP. Sementara untuk Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) dijabat oleh Muspandi dari F- PAN. Badan Kehormatan (BK) dijabat oleh Seno Aji dari F- Gerindra.

Sementara untuk pimpinan AKD dua badan lainnya, yaitu, Badan Musyawarah dan Badan Anggaran komposisinya tak dibahas. Sebab menjadi ex officio pimpinan DPRD Kaltim, dan anggota – anggotanya berasal dari ketua – ketua komisi dan perwakilan fraksi – fraksi secara proporsional. 

Suasana selesainya paripurna pembahasan AKD DPRD Kaltim (Kate.id)

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK menyatakan, AKD telah selesai diparipurnakan. Artinya saat ini seluruh fungsi dan tugas kedewanan telah lengkap untuk dijalankan.

“Dengan telah terbentuknya alat-alat kelengkapan DPRD Provinsi Kalimantan Timur ini maka secara sah dan resmi kami 55 anggota DPRD Kaltim dapat melaksanakan tugas, fungsi dan wewenang pada alat – alat kelengkapan dimaksud,” kata mantan Bupati Berau ini.  

Mengingat pada saat ini tugas dan wewenang dewan dirasakan semakin kompleks, sebut Makmur, dengan adanya berbagai perubahan dan tuntutan masyarakat yang semakin luas, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, apalagi dikaitkan dengan era kebebasan dan transparansi sebagai konsekuensi logis dalam kehidupan berdemokrasi, maka alat-alat kelengkapan DPRD Kaltim akan segera melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Semoga dengan telah ditetapkannya alat-alat kelengkapan DPRD  Kaltim ini kami dapat lebih meningkatkan optimalisasi peran dan fungsi anggota dewan kedepannya,” tandasnya.

Susunan AKD ini sesuai tatib memiliki masa jabatan 2 tahun setengah atau setengah periode. Nantinya 2 tahun setengah berikut, formasinya akan dirubah sesuai dengan usulan masing-masing fraksi di DPRD Kaltim.  

SUSUNAN ALAT KELENGKAPAN DPRD KALTIM

KETUA: Makmur HAPK (F- Golkar)

WAKIL I : Muhammad Samsun (F – PDIP)

WAKIL II: Andi Harun (F- Gerindra)

WAKIL III: Sigit Wibowo (F- PAN)

* Badan Anggaran & Badan Musyawarah

Ketua: Jahidin (F- PKB)

Wakil : Yusuf Mustafa (F- Golkar)

Sekretaris : M Nasiruddin (F- PAN)

Anggota: Baharuddin Muin, Andi Faisal Assegaf, Masykur Sarmian, Rima Hartati, Agiel Suwarno, Romadhony Putra Pratama, dan Amiruddin.

Ketua: Veridiana Huraq Wang (F- PDIP)

Wakil: Baharuddin Demmu (F-PAN)

Sekretaris: Bagus Susetyo (F- Gerindra)

Anggota: Ahkmed Reza Fachlevi, Ismail, Ali Hamdi, Siti Rizky Amalia, Sutomo Jabir, Puji Hartadi, Safuad, M Syahrun, Nidya Listiyono, Sapto Setyo Pramono.  

Ketua: Hasanuddin Mas’ud (F- Golkar)

Wakil: Agus Suwandy (F- Gerindra)

Sekretaris: Baba (F- PDIP)

Anggota: Seno Aji, Ekti Emanuel, Saefuddin Zuhri, Agus Aras, Harun Al Rasyid, Mimi Meriami Br Pane, Syafruddin, Muhammad Adam, Muspandi, Ananda Emira Moeis, Edy Sunardi Darmawan, Marthinus, Sarkowi V Zahry, Andi Harahap, dan Mahyunadi.

Ketua: Rusman Yaqub (F- PPP)

Wakil: Ely Hartaty Rasyid (F-PDIP)

Sekretaris: Salehuddin (F- Golkar)

Anggota: Henry Pailan Tandi Payung, Puji Setyowati, Fitri Maisyaroh, Yeni Eviliana, Jawad Sirajuddin, Herliana Yanti, dan Abdul Kadir Tappa.

Ketua: Muspandi (F- PAN)

Wakil: Masykur Sarmian (F- PKS)

Anggota: Amiruddin, Abdul Kadir Tappa, Yusuf Mustafa, Nidya Listyono, Agiel Suwarno, Romadhony Putra Pratama, Eddy Sunardi Darmawan, Bagus Susetyo, Henry Pailan TP, Agus Suwandy, Nasiruddin, Muhammad Adam, Jahidin, Rusman Yaqub, Andi Faisal Assegaf, Ismail.  

Ketua: Seno Aji (F- Gerindra)

Wakil: Saefuddin Zuhri (F- Demokrat-Nasdem)

Anggota: Veridiana Huraq Wang, M Syahrun, Yeni Eviliana.

F-Golkar: Sarkowi V Zahry

F-PDIP: Ananda Emira Moeis

F-Gerindra: Bagus Susetyo

F-PAN: Baharuddin Demmu

F-PKB: Syafruddin

F-PKS: Harun Al Rasyid

F-PPP: Rusman Yaqub

F-Demokrat/Nasdem: Puji Setyowati

Comments

BERITA TERBARU

To Top