METROPOLIS

Ulang Tahun Dua Dekade, Bontang Dapat Hadiah Pembangunan Mal

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni (berjilbab) saat melihat rencana pembangunan Citi Mall. (Foto: Adie/Humas Pemkot Bontang)

BONTANG, Kate.id – Penantian warga Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) untuk bisa merasakan mal di kota sendiri tampaknya akan segera terwujud. Pasalnya pada perayaan hari ulang tahun (HUT) Ke-20 Kota Bontang, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang mendapat hadiah istimewa dari mudahnya perizinan, yakni pembangunan mal.

Peletakan batu pertama pembangunan mal pertama di Kota Bontang itu dilakukan di momen perayaan HUT Kota Bontang, Senin (14/10/2019). Menurut Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, peletakan batu pertama pada momen HUT Bontang dinilai sangatlah tepat. Pasalnya, bangunan retail yang akan dibangun tersebut nilai investasinya Rp 400 miliar dengan jumlah empat lantai.

“Inilah salah satu hasil kemudahan investasi di Bontang, agar investor mudah mengurus perizinan. Karena dalam reformasi birokrasi saya berikan seluas-luasnya izin kepada kepala dinas untuk menandatangani,” terang Neni di acara Peletakkan Batu Pertama CitiMall Bontang di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Tanjung Laut, Senin (14/10/2019), dalam siaran pers Humas Pemkot Bontang.

Neni menerangkan, sistem perizinan di Bontang sudah menerapkan Online Sistem Submition (OSS). Sehingga wali kota tak perlu lagi menandatangani. Melainkan dilakukan oleh dinas terkait dengan harapan mempermudah perizinan.

“Sebelum CitiMall ini, Bunda (sapaan Neni, Red.) juga sempat didatangi oleh investor bahan peledak yakni PT Dahana. Izin mereka sudah rampung semua dan mengaku dimudahkan dalam setiap perizinan,” ungkap orang nomor satu di Kota Taman itu.

Pada kesempatan tersebut, Neni mengucapkan terima kasih atas nama Pemkot Bontang dan atas nama pribadi kepada PT Nirvana Wastu Pratama (NWP) Retail karena sudah mau berinvestasi di Bontang. Ke depan, Bontang bakal menjadi tempat wisata kuliner.

“Sebuah kebahagiaan bagi bunda adanya investasi di Bontang. Kalau Presiden sudah dilantik, kilang refinery akan menyusul progresnya, dilanjutkan kilang Crude Palm Oil (CPO) yang ditarget comissioning Februari,” kata Neni.

Dalam hal ini Wali Kota meminta perusahaan investor bisa mengikuti aturan Pemkot Bontang terkait perekrutan tenaga kerja. Dalam hal ini investor diminta mengutamakan warga ber-KTP Bontang yang dipekerjakan. Neni juga meminta masyarakat sekitar Kelurahan Tanjung Laut menjaga kondusivitas Bontang.

“Saya pantau terus perizinannya, jangan sampai setelah peletakan batu pertama ini tidak ada pergerakan,” ungkapnya.

Sementara itu, GM NWP Retail Rinto Mulyono menyebutkan, NWP Retail merupakan perusahaan di bidang retail yang berkembang pesat. Karena sudah ada 15 mal yang dibangun. Mal yang akan dibangun di Bontang sendiri merupakan yang keenam dari ke-15 mal tersebut. “Kalau tidak ada halangan, awal November mulai konstruksi selama 12 bulan,” sebut Rinto. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top