NASIONAL

Palapa Ring Resmi Beroperasi, Hubungkan Ratusan Daerah di Indonesia

Jokowi saat meresmikan Pengoperasian Ring Palapa, di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019). (Foto: BPMI)

JAKARTA, Kate.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan Proyek Palapa Ring secara keseluruhan telah resmi beroperasi. Hal ini diungkapkannya saat menyampaikan laporan pada peresmian pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019).

“Kami laporkan hari ini sebetulnya peresmian palapa ring, tetapi Palapa Ring Barat sebetulnya sudah selesai tahun lalu, Palapa Ring tengah sampai di provinsi Maluku sudah selesai di awal tahun,” kata Menteri Rudiantara dikutip dari laman resmi Setkab.

Untuk Palapa Ring Timur, Rudiantara menjelaskan, selama masa konstruksi ditemukan berbagai hambatan dan tantangan. Hal ini dikarenakan kondisi geografis yang tidak menentu. Misalnya, di daerah pegunungan Papua sehingga target penyelesaiannya baru selesai di bulan Agustus 2019.

“Palapa ring timur ini khususnya yang mencakup Papua, Maluku, NTT sampai ke Kabupaten Rote Ndao. Rencana awalnya pada akhir kuartal kedua, namun di Papua kondisi geografisnya tidak memungkinkan kami untuk tepat waktu hingga baru selesai Agustus kemarin,” jelas Rudiantara.

Dengan peresmian Proyek Palapa Ring atau juga disebut Tol Langit ini, menurut Menkominfo, mulai saat ini dari 514 kabupaten/kota, tidak ada yang tidak dihubungkan dengan jalan tol (Palapa Ring). Palapa Ring ini disebut telah memberikan layanan komunikasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia, melalui internet kecepatan tinggi.

Pemanfaatan Palapa Ring sendiri, tambah Rudiantara, akan lebih dirasakan oleh masyarakat di daerah-daerah pelosok. Hal tersebut membuktikan komitmen pemerintah yang tidak melihat Jawa Sentris, tetapi Indonesia Sentris.

“Di Papua kami membangun di 30 kabupaten/kota baru yang tidak ada jaringan tulang punggung atau backbone internet kecepatan tinggi. Jadi, Palapa Ring itu adalah seperti jalan tol untuk internet kecepatan tinggi,” sambung Rudiantara.

UNTUK KESEJAHTERAAN

Peta Palapa Ring.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, konektivitas digital harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Untuk penguatan persatuan dan persaudaraan, dan untuk memperbaiki pendidikan. “Dan untuk memperkuat perdagangan kita, menghubungkan produk-produk UMKM ke jaringan pasar nasional, bahkan global,” kata Jokowi.

Namun demikian dia menegaskan, perkembangan teknologi digital dan konektivitas yang semakin cepat tidak boleh disalahgunakan. Misalnya untuk menyebarkan ujaran kebencian, fitnah, dan hoaks. Dia juga meminta perbuatan saling menjelekkan, saling mencela di media sosial harus dihentikan. Termasuk mencegah kejahatan cyber dan kejahatan-kejahatan lainnya agar tidak semakin berkembang di negara Indonesia.

Menurut Jokowi, kehadiran Palapa Ring juga diharapkan mampu menghadirkan rasa adil bagi seluruh warga negara Indonesia. “Setiap manusia Indonesia, dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote, memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses kemajuan teknologi ini dan terkonektivitas dengan sangat cepat,” ujarnya.

Jokowi memerintahkan seluruh aparatur pemerintah agar memanfaatkan beroperasinya tol langit ini untuk mempercepat terwujudnya birokrasi yang efisien, birokrasi yang melayani, yang meningkatkan akuntabilitas publik serta akurasi dalam kebijakan-kebijakannya.

“Bagi seluruh rakyat Indonesia, saya berpesan gunakan konektivitas digital ini dengan baik, gunakan internet secara bijak, gunakan konektivitas digital ini untuk kebaikan kita bersama, untuk kerukunan, untuk persaudaraan, untuk persatuan kita sebagai sebuah bangsa, serta untuk kesejahteraan dan kemajuan Indonesia,” pungkasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top