METROPOLIS

Layanan Nomor Panggilan Darurat Samarinda Bisa Seperti di Amerika Serikat

ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAMARINDA, Kate.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda siap meluncurkan Layanan Nomor Panggilan Darurat (NPD) pada 15 Oktober mendatang. Layanan ini akan mengintegrasi semua pengaduan darurat dari semua Unit Reaksi Cepat (URC) perangkat daerah. Hal ini diungkapkan Kumarul Zaman selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda dalam forum Focus Group Discussion (FGD) bersama beberapa instansi terkait, Kamis (10/10/2019) pagi.

“Nantinya, layanan kedaruratan dan pengaduan masyarakat akan diterima para petugas yang piket di ruang Command Center Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika, Red.),” ucap Kumarul dalam siaran pers Pemkot Samarinda.

Untuk itu lanjutnya, lewat forum FGD yang digelar setidaknya para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) yang terlibat sekiranya bisa memberikan masukkan kebutuhan apa yang perlu dilengkapi sebelum launcing pelaksanaannya selasa nanti. Sementara, Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, M Barkati yang ketika membuka kegiatan tersebut mempertegas jika layanan NPD yang bakal diluncurkan itu nanti harus didukung penuh oleh OPD yang terlibat.

Oleh karena itu, dia meminta kepada Kepala OPD yang nantinya menugaskan stafnya untuk piket bergantian selama 24 jam harus betul-betul bertanggung jawab dengan tugasnya. “Karena ruang Command Center yang dibangun oleh Diskominfo ini bukan menggunakan duit yang sedikit. Jadi saya minta ruangan ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pesan Barkati.

Bahkan dalam sambutannya pagi itu, Wawali sendiri tidak menyangka jika berjalan, layanan NPD 112 ini sama halnya seperti layanan 911 yang diterapkan di Amerika. Selain menangani laporan yang sifatnya kejadian dan pengaduan darurat, NPD juga bisa sebagai pusat informasi promosi wisata. Jadi sudah seharusnya jika pelayanan darurat nanti sudah berjalan komitmen Pemkot untuk meningkatkan response time kepada masyarakat bisa terwujud.

“Untuk diketahui nantinya yang akan berjaga di NPD 112 ada empat intansi yakni Dishub, Damkar, Dinkes dan Satpol PP. Mereka akan dibagi 4 shift,” terangnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top