SEPAK BOLA

Kualifikasi Piala Dunia 2022, UAE Lumat Indonesia Lima Gol Tanpa Balas

Timnas Indonesia VS UAE di Stadion Ali Maktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019) malam (FOTO: PSSI)

Kate.id – Tim Nasional (Timnas) Indonesia harus mengakui ketangguhan Unit Emirat Arab (UAE) dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Bermain di Stadion Ali Maktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019) malam, Timnas dihajar lima gol tanpa balas. Gol UAE dicetak oleh Khalil Ibrahim Alhammadi (40’), Ali Mabkhout (51’, 63’, 72’) dan Tariq Ahmed (90+3’).

Hasil tersebut membuat Indonesia belum bergeser dari posisi kelima atau dasar klasemen sementara Grup G dengan nol poin dari tiga laga. Sementara bagi UAE, hasil ini memperkokoh posisinya memimpin klasemen Grup G, dengan raihan enam poin, dari dua laga yang telah dijalaninya.

JALANNYA PERTANDINGAN

Simon McMenemy tidak menurunkan kiper sekaligus kapten Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa dan gelandang serang Stefano Lilipaly, sejak awal dalam laga ini. Di bawah mistar gawang, Simon memercayakan kepada Wawan Hendrawan. Dan gelandang serang ditempati Irfan Bachdim dan Zulfiandi.

Sejak menit awal, UAE menguasai permainan. Hansamu Yama dkk memilih untuk menunggu serangan lawan untuk nantinya melancarkan serangan balik. Tampil terus menekan, UAE akhirnya mampu mencetak gol di menit ke-41 melalui kaki Khalil Ibrahim Alhammadi. Gol ini diawali karena kesalahan dari penjaga gawang Timnas Indonesia, Wawan Hendrawan.

Diawali umpan silang dari sisi kanan pertahanan Indonesia yang mengarah langsung ke gawang melihat posisis Wawan yang jauh dari gawang. Wawan yang mencoba menghalau, gagal melakukan tugasnya.Khalil yang meraih bola pun mengubah skor menjadi 1-0. Kedudukan itu bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Di paruh kedua, Timnas Indonesia berusaha mencoba keluar menyerang. Akan tetapi, justru UAE berhasil menggandakan kedudukan di menit ke-51 melalui sepakan Ali Mabkhout. Lagi-lagi, proses gol ini terjadi karena kesalahan pemain Timnas Indonesia sendiri. Ali berhasil memanfaatkan blunder Zulfiandi yang salah mengumpan dipertahanan sendiri, yang justru bola mengarah kepada pemain lawan. Indonesia tertinggal 0-2.

Di menit ke-63, Ali kembali menorehkan namanya di papan skor, kali ini melalui tendangan penalti. Hadiah 12 pas diberikan wasit setelah kapten Indonesia Hansamu Yama menyentuh bola dengan tangan di area terlarang, saat mencoba menghalau tembaka pemain UAE ke arah gawang. 3-0 untuk UAE.

Empat menit berselang, Indonesia baru dapat mendapatkan peluang emas melalui tendangan bebas. Stefano Lilipaly yang masuk menggantikan Alberto Goncalves, melakukan tugasnya. Sayang, percobaan Lilipaly ditepis oleh kiper UAE Khalid Eisa Bilal.

UAE membuat kedudukan menjadi 4-0 setelah Ali Mabkhout sukses menyarangkan gol ketiganya dalam laga tersebut di menit ke-72. Ia mengelabui kiper Timnas Wawan, setelah lewat dari jebakan offside.

Tertinggal cukup jauh, membuat permainan anak asuhan Simon McMenemy monoton. Pada menit akhir pertandingan, tepatnya menit ke-90+3, UAE kembali melesakkan bola ke dalam gawang Indonesia berkat sumbangan gol Tariq Ahmed. Memanfaatkan bola liar hasil tepisan Wawan. Skor 5-0 pun menjadi akhir dari pertandingan tersebut.

Susunan Pemain Kedua Tim:

UAE: Khalid Eisa Bilal, Mohamed Saleh Al Menhali, Walid Abbas, Mohammad Omar Al Attas, Khalifa Alhammadi, Ahmed Barman Alhmoudi, Ali Sameen Al Balushi (Tariq Ahmed 78′), Khalil Ibrahim Alhammadi (Omar Abdulrahman 59′), Jassim Yaqoob Albalooshi (Ahmed Khalil 77′), Ali Saleh Amro, Ali Ahmed Mabkhout

Pelatih: Lambertus Marwijk

Indonesia: Wawan Hendrawan, Yanto Basna, Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Zulfiandi, Dendi Santoso, Hanif Sjahbandi, Irfan Barchdim (Manahati 70′), Andik Vermansah (Saddil Ramdani 55′), Ricky Fajrin, Alberto Goncalves (Lilipaly 63′)

Pelatih: Simon McMenemy

Timnas Indonesia Masih Terkendala Fisik

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy (Foto: PSSI)

Usai laga, Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy menyebut bahwa skuatnya masih terkendala di sektor fisik sehingga kembali menelan kekalahan di laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. “Kami tidak memiliki pemain yang 100 persen fit. Hal ini sudah menjadi kendala sejak dua laga sebelumnya,” ujar Simon dalam pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat dini hari, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurut pelatih asal Skotlandia tersebut, anak-anak asuhnya sudah dalam kondisi kelelahan ketika tiba memenuhi panggilan ke tim nasional. Jadwal kompetisi yang padat membuat mereka sukar menunjukkan performa yang terbaik selama 90 menit pertandingan ketika mengenakan lambang Garuda di dada. “Ini situasi sulit yang terjadi di tiga laga beruntun,” tutur Simon.

Meski demikian, dari sisi permainan, Simon McMenemy tetap memberikan pujian kepada para pemain yang sudah memberikan segalanya saat berhadapan dengan UEA. “Tidak mudah bertanding di tempat ini,” kata dia.

Hasil kontra UEA membuat Indonesia belum bergeser dari peringkat terakhir atau kelima klasemen sementara Grup G dengan nol poin dari tiga laga. Sebelumnya, skuat Garuda takluk dari Malaysia (2-3) dan Thailand (0-3) dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Laga selanjutnya babak kualifikasi Piala Dunia 2020 Grup G,Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam, pada 15 Oktober 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.(*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top