HUKUM & KRIMINAL

Usai Resmikan Gedung Kuliah, Menko Polhukam Wiranto Ditusuk di Pandeglang

Foto detik-detik penusukan kepada Wiranto. (Foto: Dok. Polsek Pandeglang)

Kate.id – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Jenderal TNI (Purn) Wiranto dilaporkan diserang seorang pria tak dikenal di Banten, Kamis (10/10/2019). Pria tersebut menusuk Wiranto dengan pisau yang mengakibatkan mantan Panglima TNI tersebut terluka di bagian perut.

Diketahui, Wiranto diserang saat berkunjung ke Pandeglang. Penusukan terjadi sesaat setelah turun dari mobil, saat bersalaman dengan polisi. Hingga berita ini diturunkan, Wiranto masih dirawat di RSUD Pandeglang, Banten. Foto yang beredar menunjukkan Wiranto tampak ditandu. Ada perban penutup di perut bagian kanan.

Di jagat dunia maya, beredar video detik-detik penusukan tersebut. Selain beredar juga foto-foto yang menunjukkan detik-detik penusukan tersebut.

Dikutip dari CNBC Indonesia, selain Wiranto, seorang kapolsek yang berada di kejadian juga diketahui terluka. “Upaya penusukan, tapi kapolsek yang kena,” ujar Brigjen Pol Dedi Prasetyo selaku Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri .

Disebutkan Dedi, para pelaku yang salah satunya berbaju hitam dan celana pendek berwarna terang sudah diamankan. “Ya untuk pelaku sudah diamankan,” ungkapnya. Dedi menyebut Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir saat ini berada di lokasi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Adapun pelaku diduga terpapar kelompok ISIS.

DITUSUK USAI RESMIKAN GEDUNG KULIAH BERSAMA

Wiranto ditandu menuju rumah sakit. (Foto: istimewa)

Dilansir dari BantenNews.co.id, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menjelaskan, peristiwa terjadi saat Wiranto akan meninggalkan Alun-alun Menes, Pandeglang. Wiranto ditusuk saat akan pulang ke Jakarta usai menghadiri acara peresmian Gedung Kuliah Bersama di Universitas Mathlaul Anwar yang beralamat di Kampung Cikaliung, Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi.

“Jadi peristiwa terjadi ketika Pak Wiranto akan menuju helipad. Beliau turun dari mobil bersalaman dengan ulama dan tokoh masyarakat dan Kapolsek Menes, tiba-tiba ada sepasang suami istri yang menghampiri dari arah belakang mobil,” kata Edy.

Saat Wiranto akan menyalami beberapa orang yang sudah menunggu di dekat mobil, tiba-tiba pria tidak dikenal langsung mengeluarkan pisau. Pelaku berusaha mengejar Wiranto dari arah belakang dan berupaya menusuk Wiranto dari arah samping kiri menggunakan tangan kanan. Namun pada saat yang sama, Wiranto langsung menghindar dari tusukan pisau yang sudah disediakan pelaku.

“Jadi tidak kena (tertusuk) karena sempat menghindar. Namun beliau terdorong dan akhirnya jatuh,” kata Edy.

Ia mengatakan bahwa Wiranto saat ini selamat dari aksi penusukan tersebut. Untuk sementara ini, Wiranto sedang dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Berkah Pandeglang. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top