NASIONAL

Dari Kunjungan Ketua Menteri Sabah: Buka Konektivitas Hingga Ajak Investor Bangun Kaltim

Gubernur Kaltim Isran Noor bersama Muspida Kaltim bersama Ketua Menteri Sabah, Datuk Seri Panglima Haji Mohammad Shafie Bin haji Apdal dan rombongan (Syaiful/humas pemprov kaltim)

Kate.id – Awal pekan ini, Kalimantan Timur (Kaltim) kedatangan Ketua Menteri Sabah Negeri Jiran Malaysia, Yang Amat Berhormat (YAB) Datuk Seri Panglima Haji Mohammad Shafie Bin haji Apdal.  

Berbagai kegiatan dilakukan, mulai 30 September hingga 1 Oktober 2019. Kedatangannya, membawa semangat baru akan kerjasama dua bagian, disatu pulau Kalimantan, negeri serumpun Indonesia- Malaysia.

Kunjungan ke Benua Etam, Menteri Sabah dan rombongan menggunakan dua pesawat (privat jet dan Mas Wings). Ketua Menteri Sabah mengajak tujuh menteri Negeri Sabah.

Diantaranya YB Menteri Pelancongan Kebudayaan dan Alam Sekitar Datuk Kristina Liu, YB Menteri Kerajaan Tempatan dan Perumahan Datuk Zauzan Sebakung, YB Menteri Pertanian dan Industri Makanan Datuk Zun Wong, YB Menteri Pelajaran dan Inovasi Dr Yusuf Yaqub, YB Menteri Setiausaha Kerajaan Negeri Sabah Datuk Seri Panglima Hasyim, Ketua Polis Negeri Sabah Datuk Omar, Panglima Jenderal Tentara Negeri Sabah Datuk Kir dan Konsul Kinabalu Sabah.

Gubernur Kaltim Isran Noor dan Ketua Menteri Sabah, Datuk Seri Panglima Haji Mohammad Shafie Bin haji Apdal. (Syaiful/humas pemprov kaltim)

Kunjungan Hormat Ketua Menteri Sabah dan rombongan diterima oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor, di Ballroom Hotel Blue Sky Balikpapan, Senin (30/9/2019).

Serumpun dan sebudaya menjadi dasar kunjungan YAB Ketua Menteri Sabah ke Kaltim. Bukan hanya politik dan ekonominya,  tapi potensi yang sangat besar lainnya.

“Saya yakin potensi yang cukup baik negara-negara Asia. Sehingga mampu menjadi kuasa politik dan ekonomi dunia. Demikian pula negeri jiran (Malaysia dengan Indonesia), khususnya Negeri Sabah dan Kalimantan Timur ini,” ujar Datuk Seri Panglima Haji Mohammad Shafie Bin Haji Apdal.

Pertemuan diplomasi antara kedua pemimpin wialayah, Sabah dan Kaltim bersama jajaranya. (Syaiful/humas pemprov kaltim)

Dalam kesempatan itu, Ketua Menteri Sabah juga meminta kepada Gubernur Isran Noor merealisasikan konektivitas atau jalur penerbangan Sabah – Kaltim. Selama ini, kedua wilayah belum terkoneksi, harus transit jauh melewati Jakarta, baik dari Kaltim maupun Sabah.

“Kan kita satu kepulauan dan kalau pun boleh Balikpapan – Kinabalu atau Balikpapan – Sabah,” pintanya.

Terhadap keinginan ketua menteri negeri jiran itu, Gubernur Isran Noor berjanji akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat (Kementerian Perhubungan) untuk bisa membuka rute Kaltim – Sabah.

Apresiasi Jalan Tol, Ajak Investor Sabah ke Kaltim

Rombongan Menteri Sabah melintasi Jalan tol Balikpapan- Samarinda. (Syaiful/humas pemprov kaltim)

Dalam lawatannya ke Kaltim, Ketua Menteri Sabah YAB Datuk Seri Panglima Haji Mohammad Shafie Bin Haji Apdal memimpin para menteri Negeri Sabah Malaysia menyempatkan diri mengunjungi jalan tol Balikpapan – Samarinda, Senin (30/9/2019).

Rombongan didampingi Kepala Dinas PUPR Pera Kaltim M Taufik Fauzi. Selama perjalanan, Menteri Sabah dan rombongan terpukau melihat-lihat pembangunan jalan tol pertama di Kalimantan ini.

Menteri Sabah menerima penjelasan seputar Tol Balikpapan- Samarinda oleh Kepala Dinas PUPR Kaltim, M Taufik. (Syaiful/humas pemprov kaltim)

Ketua Menteri Sabah YAB Datuk Seri Panglima Haji Mohammad Shafie Bin Haji Apdal menyatakan kekaguman dan rasa bangga atas proyek aksesibilitas transportasi pertama di Kalimantan. “Tahniah lah (selamat) buat Kalimantan Timur sudah bisa memiliki jalan yang bagus. Ini patut berbangga dan Sabah ikut bangga,” ucapnya.

Ia pun tak sungkan, akan mengajak para pelabur (pemilik modal) Sabah ikut berperan membangun Kaltim. “Bagi kami patutlah kalau berkenan para pelabur-pelabur (investor) negeri kami bisa ambil bagian membangun Kaltim. Kita negeri jiran yang serumpun sebudaya. Tentu saling mendukung dan saling merapatkan ikatan. Apalagi Kaltim menjadi ibu negera oleh Indonesia,” ungkapnya.

Perkuat Ekonomi, Sambangi Pertamina

Ketua Menteri Sabah bersama rombongan diterima General Manager Pertamina RU V Mulyono (Yuvita Indrasari/pemprov kaltim)

Dihari kedua kunjungannya, Ketua Menteri Sabah YAB Datuk Seri Panglima Haji Mohammad Shafie Bin Haji Apdal ke Kalimantan Timur menyempatkan diri berkunjung ke PT Pertamina Balikpapan, Selasa (1/10/2019).

Dia berharap agar terjalin kerjasama yang begitu erat antar Sabah dan Kaltim dari sisi perekonomian. “Di sini kita dapat melihat keupayaan dan Pertamina yang mempunyai kekayaan sumber minyak maupun gas. Kita pun juga ada Petronas. Saya yakin kemungkinan Petronas dengan Pertamina bisa bekerja sama. Saya yakin kerjasama ini bisa meningkat. Karena ini berdekatan dengan Sabah dan memiliki provinsi yang baik,” tutur dia.

Kunjungan Ketua Menteri Sabah bersama rombongan diterima General Manager Pertamina RU V Mulyono beserta seluruh jajaran manajemen Pertamina RU V.

Kunjungi Pusat Oleh-oleh Kebun Sayur

Ketua Menteri Sabah benkunjung ke Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan (Yuvita Indrasari/pemprov kaltim)

Usai berkunjung ke Pertamina, Ketua Menteri Sabah Yang Amat Berhormat Datuk Seri Panglima Haji Mohammad Shafie Bin Haji Apdal melihat Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan, Selasa (1/10/2019).

Bersama isteri, Yang Amat Berbahagia Datin Seri Panglima Hajah Shuryani Binti Datuk Haji Shuaib.

Dia berkeliling pasar melihat produk jualan yang merupakan kerajinan tangan masyarakat Kaltim. Mulai dari pernak-pernik dari manik-manik, kain batik, hingga sarung. Ia terpukau dengan kerajinan khas Kaltim yang untuk dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong yang berkunjung ke Benua Etam.

Ketua Menteri Sabah melihat cindera mata di Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan (Yuvita Indrasari/pemprov kaltim)

Kunjungan ini diharapkan tak hanya seromonial belaka. Kedua pemimpin, baik Gubernur Kaltim Isran Noor dan Ketua Menteri Sabah YAB Datuk Seri Panglima Haji Mohammad Shafie Bin haji Apdal, menginginkan agar diplomasi ini akan mempererat kedua negara serumpun, Indonesia- Malaysia, khususnya keuntungan kedua daerah, Kaltim dan Sabah. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top