NASIONAL

Yang Termuda dan Tertua di DPR RI Periode 2019-2024

Abdul Wahab Dalimunthe dan Hillary Brigitta Lasut, masing-masing merupakan anggota DPR RI tertua dan termuda. (Foto: Johan Tallo/Liputan6.com)

Kate.id – Anggota DPR RI periode 2019-2024 resmi dilantik, Selasa (1/10/2019) di Gedung Nusantara, Kompleks Gedung Parlemen Senayan, Jakarta. Di antara 575 wajah lama dan wajah baru di parlemen Indonesia tersebut, terdapat anggota DPR dengan usia paling muda serta paling tua.

Menjadi paling muda adalah Hillary Brigitta Lasut dari Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hillary lahir di Manado pada 22 Mei 1996. Artinya, saat dilantik menjadi wakil rakyat, Hillary baru berusia 23 tahun. dia terpilih menjadi anggota DPR dari Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut).

Sedangkan anggota tertua yaitu Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Partai Demokrat. Dalimunthe adalah politisi Partai Demokrat yang saat ini berusia 80 tahun. Pria kelahiran Rantau Prapat, Sumatra Utara (Sumut), pada 1 Oktober 1939 ini, terpilih lagi menjadi anggota DPR periode 2019-2024.

Dalimunthe sebelumnya adalah birokrat dan politisi di Sumut. Dia pernah menjadi Bupati Kabupaten Tapanuli Utara pada 1985. Kemudian, menjadi wakil gubernur Sumut periode 1998-2003.

Abdul Wahab Dalimunthe (kiri) terpilih lagi menjadi anggota DPR RI.

Dia kemudian menjadi anggota DPRD Provinsi Sumut periode 2004-2009, dan dipercaya menjadi Ketua DPRD. Pada pemilihan gubernur-wakil gubernur Sumut periode 2008-2013, dia mundur dari anggota DPRD dan maju sebagai calon gubernur tapi gagal. Pada Pemilu 2019, dia terpilih lagi menjadi anggota DPR periode 2019-2024.

Dalimunthe membuka sidang pelantikannya dan 574 anggota DPR RI lainnya kali ini. Sebagai anggota tertua, Dalimunthe lantas dipilih sebagai Ketua DPR RI sementara. Sedangkan Hillary yang merupakan anggota termuda, dipilih menjadi wakil ketua DPR RI sementara.

Adapun dalam pelantikan anggota DPR RI ini, pengambilan sumpah jabatan terhadap 575 anggota DPR periode 2019-2024 dipimpin Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Hatta Ali. Pelantikan anggota dan pimpinan lembaga tinggi negara ini dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, beserta tamu undangan VIP lain, serta para duta besar negara-negara sahabat.

PASTIKAN DI KOMISI III

Anggota DPR termuda Hillary Brigitta Lasut memastikan akan berada di komisi III, yang membidangi hukum dan hak asasi manusia (HAM). Meskipun Surat Keputusan (SK) dari fraksi tempatnya bernaung, yakni Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) belum keluar.

“Hampir pasti aku di Komisi III sih. Soalnya latar belakang keilmuan,” kata Hillary dikutip dari Kantor Berita Antara.

Hillary Brigitta Lasut berswafoto dengan koleganya.

Hillary yang tahun ini berusia 23 tahun menyatakan akan fokus pada Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) dan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Prioritas sekarang RUU KUHP kan, dan mungkin akan dibahas juga beberapa hal kemarin mengenai pengajuan Perppu KPK. Kalau aku sendiri secara pribadi, kalau aku lihat belum ada UU yang spesifik mengatur cyber crime, illegal fintech, identity test seperti yang di Amerika. Aku kepengin ajuin juga di Komisi III,” ujarnya.

Anggota DPR dari Fraksi NasDem itu juga mendapat pesan khusus dari Ketua Umum Surya Paloh. Hillary diminta menjadi anak muda yang mengedepankan politik gagasan dan tidak mudah terprovokasi.

“Tolong jadi anak muda yang revolusioner, datang dengan politik gagasan, dan bisa membantu mengingatkan teman-teman muda di luar sana yang mungkin sedang dalam polemik, kaos,” ucap Hillary menyampaikan pesan Surya Paloh.

Hillary berharap anak muda di Indonesia senantiasa mementingkan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tidak mudah terprovokasi oleh persoalan kecil. “Yang paling penting itu NKRI. Jangan sampai cepat terprovokasi, karena masalah kecil seperti yang kemarin,” harapnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top