POLITIK

Makmur HAPK Resmi Pimpin DPRD Kaltim 2019-2024

Pelantikan pimpinan DPRD Kaltim, di Gedung Utama DPRD Kaltim, Senin (1/10/2019) (Foto: humas pemprov kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – DPRD Provinsi Kalimantan Timur telah mengesahkan pimpinan dewan definitif periode 2019-2024 pada rapat paripurna yang digelar di gedung utama Kompleks DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda, Selasa (1/10/2019).

Ketua DPRD Kaltim dijabat oleh Makmur HAPK dari Partai Golkar yang meraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 lalu. Makmur adalah mantan Bupati Kebupaten Berau (2005-2015). Sementara wakil Ketua dijabat oleh Muhammad Samsun dari PDI-Perjuangan, Andi Harun dari Gerindra dan Sigit Wibowo dari PAN.

Keempatnya dilantik dan diambil sumpah jabatan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Klatim, Sutoyo.

Pimpian DPRD kaltim saat dilantik dan diambil sumpah jabatannya. (Foto: Humas Pemprov kaltim)

Dengan dilaksanakannya pengucapan sumpah/janji, maka pimpinan DPRD Kaltim definitif telah dapat melaksanakan tugas memimpin lembaga legislatif ini dalam memenuhi kewajibannya sebagai wakil rakyat. Sebab, harapan masyarakat Kaltim kepada wakil rakyatnya, melalui legislatif, lima tahun kedepan, ada di pundak mereka.

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK, mengamini hal itu. Ekspektasi masyarakat terhadap DPRD Kaltim tinggi. Termasuk sorotan kinerjanya. Untuk itu, ia akan berupaya menjadikan lembaga DPRD Kaltim ini dapat lebih baik dari sebelumnya. “Kita akan mengedepankan kebersamaan. Dalam mengoptimalkan instrumen perangkat yang ada,” ujarnya.

Menurut Makmur, anggota DPRD Kaltim akan terus berupaya secara maksimal menjalankan fungsi dan peran sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, akan bekerja keras untuk segera menyelesaikan seluruh permasalahan yang dihadapi.

“Kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat ini adalah tugas berat bagi kami, namun akan menjadi ringan apabila dikerjakan bersama oleh unsur pimpinan,” katanya Ketua Harian DPD Partai Golkar Kaltim ini.

Selain itu, pihaknya juga akan fokus ke depan menyelesaikan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), termasuk Tatib DPRD. “Karena kita akan menyelesaikan pekerjaan sebelumnya, menyelesaikan pembahasan raperda- raperda yang harus disahkan,” ucapnya.

Gubernur Kaltim Isran Noor,Wagub Hadi Mulyadi dan Kepala PT Kaltim Sutoyo. (Foto: Humas Pmeprov Kaltim)

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut, turut dihadiri oleh Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi.

Isran menyambut baik dan senang telah ditetapkan unsur pimpinan DPRD Kaltim. Diharapkan dengan ditetapkan unsur pimpinan ini dapat mendukung pelaksanaan program yang kini dibangun pemerintah daerah.

“Sebagai mitra kerja pemerintah, maka DPRD diharapkan bisa mengawal pemerintah dan mendukung penyelenggaraan pemerintahan. Apalagi telah ditetapkan unsur pimpinan. Tentu akan lebih mudah pemerintah maupun dewan menentukan kebijakan pemerintahan,” kata Isran Noor.

Isran meyakini, dengan adanya kerja sama yang baik antara dewan dan pemerintah daerah, maka akan membawa kemudahan dan keberkahan dalam pembangunan daerah. Karena membangun Kaltim tidak hanya tugas pemerintah, tetapi semua pihak tak terkecuali DPRD Kaltim yang juga sebagai mitra pemerintah dalam mendukung suksesnya pembangunan daerah menuju Kaltim Berdaulat.

“Kita harapkan kerja sama pemerintah daerah dan dewan bisa sinergi. Sehingga pemerintahan berjalan baik dan sukses,” harapnya.

Gubernur, Wagub, dan unsur Pimpinan DPRD Kaltim berfoto bersama usai paripurna.
Comments

BERITA TERBARU

To Top