SEPAK BOLA

Kalahkan Ronaldo dan Van Dijk, Messi Jadi Pemain Terbaik Dunia FIFA

Lionel Messi dan Megan Rapinoe pemain terbaik dunia putra dan putri 2019. (Fifa.com)

Kate.id – FIFA secara resmi mengumumkan pemain terbaik dunia tahun 2019. Lionel Messi terpilih sebagai pemain terbaik dunia versi FIFA. Pemain Barcelona itu menyisihkan rivalnya, Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk. Penghargaan pemain terbaik dunia ini diberikan pada ajang The Best FIFA Football Awards 2019, yang berlangsung di Milan, Senin (23/9/2019) atau Selasa dini hari WIB.

Presiden FIFA, Gianni Infantino membacakan pengumumam pemain terbaik dunia kategori putra pada The Best FIFA Football Awards 2019. “Pemain terbaik dunia jatuh kepada Lionel Messi,” katanya. Sebelum mengumumkan pemain terbaik FIFA, Infantino juga mengingatkan publik untuk menjauhkan rasialisme dari sepak bola.

Presiden FIFA, Gianni Infantino menyerahkan penghargaan kepada Lionel Messi. (Foto. fifa.com)

Terpilihnya Lional Messi di luar dugaan. Sebab sebelumnya disebut-sebut pemain terbaik ini akan diraih oleh Virgil van Dijk. Pemain Liverpool FC itu pada tahun ini telah lebih dulu mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik Eropa oleh UEFA. Virgil van Dijk dianggap paling berjasa saat mengantarkan Loverpool menjadi juara Liga Champion Eropa musim 2018-2019.

Pada musim 2018-2019, Messi memang mengantarkan Barcelona menjadi kampiun Liga Spanyol. Kapten tim asal Catalan itu juga meraih penghargaan Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak di antara para pemain di liga-liga Eropa. Musim lalu, Messi mencetak 54 gol dari 58 pertandingan dari seluruh kompetisi yang diikuti. 

“Ketika Messi pensiun, maka tak ada pemain lain yang pantas memakai nomor 10 miliknya,” kata Ronaldinho memuji seperti dikutip dari situs web resmi FIFA, disadur dari Kompas, Selasa (24/9/2019). 

Dengan gelar ini, menjadi gelar ke-6 Messi sebagai pemain terbaik di dunia. Namun, sejak The Best FIFA Football Awards menjadi ajang mandiri per 2016, inilah gelar pertama bagi Messi.

Lionel Messi memegang piala penghargaan pemain terbaik dunia (Foto: fifa.com)

Dalam tiga penyelenggaraan sebelumnya, megabintang Barcelona itu hanya mengekor di belakang Cristiano Ronaldo. Dia menjadi pemain terbaik kedua pada 2016 dan 2017, bahkan berada di luar tiga besar pada 2018 ketika Luka Modric menjadi pemain terbaik.

Menjadi pemain terbaik dunia, Messi juga tercatat sebagai salah satu dari FIFA FIFPro Men’s World 11 atau 11 pemain terbaik di dunia. Selain Lionel Messi, C. Ronaldo dan Virgil van Dijk, ada Eden hazard, Kylian Mbappé hingga Marcello. Pada saat pengumuman, hanya ada 10 pemain yang hadir karena Cristiano Ronaldo tak tampak sama sekali. 

Sementara untuk kategori putri, gelar pemain terbaik dunia jatuh kepada andalan timnas putri Amerika Serikat, Megan Rapinoe. Pada Piala Dunia Putri 2019, Rapino mengantarkan negaranya menjadi kampiun. Itulah gelar kedua Rapinoe bersama AS pada penyelenggaraan Piala Dunia Putri. 

Sementara untuk pelatih terbaik putra, FIFA Mens Coach 2019 diberikan kepada Jurgen Klopp. Pelatih Liverpool FC ini mengalahkan pesaingnya, Guardiola dan Pochettino. (*)

Jurgen Klopp menjadi pelatih terbaik dunia tahun 2019 versi FIFA (Foto: fifa.com)
Comments

BERITA TERBARU

To Top