HUKUM & KRIMINAL

Polisi Gagalkan Penyelundupan 6 Kilogram Narkoba di Berau

Polda Kaltim berhasil mengungkap transaksi narkoba di Kabupaten Berau, Kaltim. (Dok. humas polda kaltim)

BALIKPAPAN, Kate.id – Jajaran Dit Resnarkoba Polda Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil mengungkap transaksi penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu seberat 6 kilogram. Pengungkapan tersebut terjadi di Kabupaten Berau, Kamis (12/9/2019) lalu.

Dari kasus ini, Dit Resnarkoba Polda Kaltim mengamankan empat orang tersangka, masing- masing Ponda alias Eki Bukaka (29), M Ridha (25), Salman Mansur (30) dan Asdar alias Coda (32). Mereka berhasil dibekuk di lokasi berbeda.

Kasus ini terungkap karena adanya informasi dari masyarakat, bahwa pada saat itu direncanakan transaksi narkoba dengan jumlah besar di Kabupaten Berau. Petugas kemudian melakukan penyelidikan pada Kamis (12/9/2019) malam.

Hasilnya, petugas berhasil mendeteksi transaksi dilakukan di kawasan Jalan Lamin RT 18 Kelurahan Teluk Bayur, Berau.

“Kami amankan Ponda dan Ridha terlebih dahulu. Mereka membawa barang bukti 6 kilogram yang dikemas dalam 6 bungkus plastik minuman,” kata Dir Resnarkoba Polda Kaltim, Kombes Pol Akhmad Shaury, didampingi Kasubbid Mulmed Bid Humas Polda Kaltim AKBP Adi Haryanto, saat konferensi pers di Mako Polda Kaltim, Selasa (17/9/2019).

Keempat pelaku memegang barang bukti narkoba jenis sabu didalam kemasan. (Dok. humas polda kaltim)

Dari keterangan kedua pelaku, petugas berhasil mengamankan pelaku lainnya yang terlibat. Salman dan Coda, yang menjadi otak dari penyelundupan tersebut berhasil diamankan di Samarinda.

“Salman yang mengatur semua, kalau Coda sebagai penerima barang yang dikirim dari tersangka Ponda dan Rida. Salman bertugas sebagai penghubung seluruh pelaku,” jelasnya.

Keempat tersangka diamankan oleh gabungan tim opsnal Dit Resnarkoba Polda Kaltim karena kedapatan menyimpan dan memiliki barang narkoba jenis sabu dengan berat mencapai 6 Kg.

“Untuk diketahui, narkoba jenis sabu ini berhasil di amankan di sebuah Rumah di Jalan Lamin RT 18 Kel. Teluk Bayur Kabupaten Berau,” ujar Akhmad.

Dari kasus tersebut, petugas mengamankan 6 bungkus plastik bening berisikan masing-masing 1 Kilogram sabu- sabu dengan total 6 Kilogram yang dibungkus di dalam kemasan teh merk Guanyingwang warna hijau,1 ponsel Samsung, 1 Hp Vivo, 1 Hp Nokia dam 1 HP Oppo, dan uang tunai Rp 1.000.000.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 131 ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Saat ini keempat pelaku dan barang bukti diamankan di Mako Polda Kaltim. Dan masih kita kembangkan, kasus ini,” tandasnya. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top