NASIONAL

Mulai Tahun Depan Buku Sejarah Islam Tak Memuat Materi Perang

Buku Sejarah Kebudayaan Islam (Foto NU Online)

JAKARTA, kate.id – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama akan membuat buku sejarah kebudayaan Islam (SKI), tanpa memasukkan cerita peperangan yang dilakukan Rasulullah SAW. Buku SKI tersebut rencananya akan mulai terbit tahun depan.

“Dilakukan untuk tahun yang akan datang. Sengaja dilakukan seperti itu agar Islam itu (dikenal) tidak hanya perang,” ujar Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah, Ahmad Umar di kantornya, Jakarta, dikutip dari Dream, Jumat 13 September 2019.

Dalam buku SKI itu, nantinya akan berisi pengajaran mengenai kejayaan Islam yang disebarkan oleh Rasulullah SAW hanya dalam kurun waktu 22 tahun saja.

“Kita angkat bukan sisi perangnya tapi perjuangan-perjuangan Rasulullah dan sirah nabaiyah, dalam membawa Islam yang damai, Islam yang menyejukkan, Islam yang tidak keras. Intinya itu,” kata dia.

Ahmad menjelaskan, Kemenag membuat perlombaan dalam menyusun materi buku SKI tanpa materi perang itu. Nantinya, Kemenag akan melakukan uji publik terlebih dahulu sebelum disebar ke madrasah-madrasah.

“Ini baru kita proses dan ini melalui lomba, kita lombakan supaya kompetitif, harus guru agama, harus guru umum karena konten science dan guru yang nanti membimbing. Ini upaya kami untuk menumbuhkan generasi yang humanis toleran yang bisa peduli terhadap lingkungan,” ucap dia.

Buku SKI tanpa materi perang itu nantinya akan diterapkan di semua level yakni Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top