NASIONAL

Sempat Diisukan Meninggal, Kesehatan BJ Habibie Membaik

Presiden ke-3 RI, BJ Habibie. (Foto: istimewa)

Kate.id – Isu yang menyebut Presiden ke-3 RI, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie dipastikan merupakan kabar bohong alias hoaks. Malahan, kondisi kesehatan Bapak Teknologi Indonesia tersebut dikabarkan membaik. Sebagaimana diungkap Sekretaris Menteri Sekretaris Negara (Sesmensesneg) Setya Utama di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/9/2019).

“Saya mendapat berita dari kabag kesehatan menyampaikan update dari ketua tim dokter kepresidenan, bahwa kondisi beliau membaik,” sebut Setya yang bertanggung jawab terhadap proses administrasi pengobatan VIP ini.

Menurut Setya, istana memberikan tim dokter terbaik untuk memantau kesehatan Habibie. Saat ini tim dokter kepresidenan memiliki 44 orang dokter dengan berbagai jenis spesialisasi yang spesifik. Semua dokter tersebut siap melakukan pemeriksaan apabila dibutuhkan sewaktu-waktu. Sistemnya, bergantung pada kondisi kesehatan. Jika yang bermasalah jantung misalnya, maka dokter spesialis jantung bisa diterjunkan.

“Kapanpun dibutuhkan dikontak oleh ajudan mantan presiden atau mantan wapres, siap sedia. Kemudian akan dikirim tim ahli ke sana,” kata dia.

Meski begitu, Setya tidak menyebut penyakit apa yang diidap pahli pesawat terbang ini. Namun pemerintah menjamin seluruh pembiayaan selama masa pengobatan. Sebagaimana Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978, presiden, wakil presiden, dan keluarga akan mendapat jaminan kesehatan yang melekat seumur hidup.

“Di manapun beliau dirawat. Sesuai dengan ketentuan Perpres 18 tahun 2018 bisa dirawat di RS rujukan utama,” jelas Setya.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof. dr. Azis Rani dalam keterangan resminya menyebutkan BJ Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Ahli pesawat terbang itu ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal. “Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi,” beber Azis Rani.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa BJ Habibie telah meninggal dunia. Namun kabar ini langsung dibantah pihak keluarga Habibie. Sebagaimana ditegaskan putra kedua Habibie, Thariq Kemal Habibie. “Jangan percaya berita hoaks kalau bapak meninggal, mohon doanya saja,” sebutnya.

Thareq menjelaskan, Habibie dirawat di rumah sakit akibat terlalu banyak beraktivitas. Sehingga kondisinya jantungnya melemah. Saat ini kondisinya sudah membaik, namun belum bisa berkomunikasi. “Beliau memang kami ungsikan ke rumah sakit untuk istirahat. Karena kalau di rumah siapapun pasti akan datang menjenguk. Sedangkan itu membuat bapak beraktivitas lagi.

Adapun beberapa tokoh Indonesia telah mengunjungi Habibie di rumah sakit. Di antaranya Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Gubernur Jakarta Anies Baswedan, dan politikus senior Golkar Aburizal Bakrie. (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top