Sports

Taklukkan Poirier, Karier Khabib Sempurna di UFC

Pertarungan antara Khabib Nurmagomedov, dengan Dustin Poirier, di laga UFC 242 (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Kate.id – Khabib Nurmagomedow berhasil mempertahankan statusnya sebagai juara dunia kelas ringan UFC. Hal ini dipastikan usai menang atas Dustin Poirier di The Arena, Abu Dhabi, UEA, Minggu (8/9/2019) dini hari. Dengan kemenangan ini, Khabib masih mencatatkan rekor sempurna, 28-0 sepanjang karier profesionalnya sebagai petarung Mixed Martial Arts.

Khabib sukses memenangkan duel dengan Poirier hanya dalam tiga ronde saja. Sejak awal pertarungan, sejatinya kedua petarung saling jual beli pukulan. Sebelum akhirnya Khabib mencoba melakukan take down pada Piorier.

Pertarungan natara Khabib Nurmagomedov dengan Dustin Poirier (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib pun berhasil mengunci Poirier dari belakang, kemudian mencoba melakukan kuncian leher. Poirier berusaha melepaskan diri, namun kuncian kaki yang melingkar di tubuhnya sulit dilepaskan. 

Sempat terjepit, Poirier mampu berdiri meski belum sepenuhnya lepas dari jerat kuncian Khabib. Malahan Khabib kembali menjatuhkan Poirier dan melepaskan sikutan dan pukulan dengan posisi dirinya di atas Poirier. Poirier tertolong oleh bel ronde pertama yang usai karena dia dalam situasi terdesak saat itu.

Pada ronde kedua, Poirier mencoba lebih agresif dengan menekan Khabib. Hasilnya, Poirier berhasil melepaskan satu pukulan kanan yang membuat Khabib terlihat goyah dan tertekan. Namun niat Poirier untuk melanjutkan serangan kombinasi gagal terlaksana.

Dalam situasi terpojok pada standing fight, Khabib kembali berhasil membawa pertarungan ke ground fighting dengan melakukan take down pada Poirier. Pukulan-pukulan Khabib saat ground fight membuat area mata kiri Poirier mengeluarkan darah. Khabib terlihat tidak mau meladeni adu pukulan dengan Poirier dalam standing fight.

Khabib Nurmagomedov sukses mengunci leher Dustin Poirier (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Memasuki ronde ketiga, setelah melakukan tukar tendangan, Poirier sempat mengunci leher Khabib. Namun Khabib berhasil keluar dari tekanan dan berada di posisi atas dalam gulat dengan Poirier.

Dalam posisi di belakang Poirier, Khabib akhirnya sukses mengunci leher Poirier. Poirier akhirnya melakukan tap out. Khabib pun keluar sebagai pemenang dengan rear naked choke, dengan mengunci leher Poirier.

Khabib: Alhamdulillah

Usai berhasil mengalahkan Dustin Poirier dalam duel gelar juara dunia UFC 242, Khabib tak kuasa mengekpresikan kebahagiaannya. Namun setelah menang, kata pertama yang diucapkan oleh Khabib kala disodorkan mikropon oleh pembawa acara adalah Alhamdulillah. “Alhamdulillah,” kata Khabib.

Khabib memang dikenal sebagai sosok dengan ketaatan akan agama Islam yang dianutnya. Ucapan tersebut adalah bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Khabib juga tak lupa berterima kasih kepada seluruh tim yang membantu dirinya selama masa persiapan menuju pertarungan tersebut. 

“Saya ingin berterima kasih kepada ayah saya, pelatih saya, saudara-saudara saya, sparring partner, dan tim saya,” ujar Khabib, sambil menyebut satu per satu saudara dan rekan-rekannya yang ada di arena pertandingan.

Khabib Nurmagomedov sukses mempertahankan statusnya sebagai juara dunia UFC kelas ringan, usai mengalahkan Dustin Poirier (twitter/@ufc)

Dustin Poirier Menangis

Beda dengan Khabib, usai laga Dustin Poirier tampak menangis. Petarung berjuluk The Diamond itu tak bisa menahan air matanya.  “Saya merasa mengecewakan diri sendiri. Saya tidak mengambil jalan pintas untuk tampil di sini. Saya merasa seluruh karier saya membawa saya pada momen ini,” kata Poirier dilansir dari CNN Indonesia dikutip dari Express.

Kekecewaan Poirier beralasan, dia mengaku sudah mempersiapkan pertandingan dengan perjuangan keras. Namun, ia harus mengakui keunggulan ground fighting Khabib dan terpaksa menyerah di ronde ketiga. “Mungkin ada beberapa momen saya bisa tampil lebih baik di sana,” lanjut petarung asal Amerika Serikat itu sambil menyeka air matanya.

Poirier mengaku sudah berlatih sebaik mungkin. Namun, ia harus menerima kekalahan dari Khabib. “Saya sangat siap sebelum bertanding, tapi sekarang saya harus bangun dan melihat diri saya di cermin dengan kekalahan ini,” ujar Poirier.

View this post on Instagram

💎🤝🦅 (via @Rizvan_Magomedov) #UFC242

A post shared by ufc (@ufc) on

Meski demikian, Poirier bertukar kaus dengan Khabib usai pertarungan. Khabib mengatakan kaus itu akan dilelang untuk membantu badan amal yang digalang Poirier. Persahabatan Poirier dan Khabib di luar arena jadi pemandangan menarik di UFC 242. Sebab pada laga sebelumnya pertarungan Khabib vs Conor McGregor berakhir ricuh. (*)

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top