EKONOMI & BISNIS

Sapa Pelanggan, Pertamina Ajak Masyarakat Pakai Bahan Bakar yang Tepat

Manajemen Pertamina MOR VI Kalimantan menyapa pelanggan disalahsatu SPBU di Samarinda. (Foto: Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Manajemen Pertamina terjun langsung menyapa para pelanggan produk Pertamina di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Jl Kesuma Bangsa, Samarinda, Rabu (4/9/2019). Kegiatan tersebut dilakukan di beberapa SPBU dan pangkalan LPG Non Subsidi di Kalimantan, dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional.

“Bukan kali pertama manajemen melakukan hal serupa. Yaitu menyapa pelanggan di SPBU. Hal ini dilakukan setiap tahunnya,” ujar Boy Frans J Lapian selaku General Manager Pertamina MOR VI Kalimantan.

Aksi menyapa pelanggan yang dilakukan jajaran manajemen merupakan bentuk apresiasi kepada pelanggan setia produk Pertamina. Khususnya mereka yang telah menggunakan bahan bakar yang tepat. Pelanggan yang beruntung diberikan merchandise menarik yaitu diecast Lamborghini edisi spesial untuk konsumen yang melakukan pembelian minimal Rp 200 ribu Pertamax Turbo.

Termasuk saldo LinkAja diberikan untuk 10 konsumen Pertamax dan Dex Series yang beruntung dengan pembelian minimal Rp 200 ribu. Selain itu para pelanggan LPG Bright Gas juga berkesempatan mendapatkan hadiah Saldo LinkAja Rp 100 ribu untuk 10 konsumen beruntung dan beberapa hadiah lainnya yang telah disiapkan.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada pelanggan setia produk Pertamina, baik dari BBM, LPG, dan produk berkualitas lainnya. Pertamina senantiasa terbuka dengan kritik dan saran terkait produk maupun pelayanan dari konsumen. Agar pelayananan kami dapat makin optimal dan produk kami terjaga kualitasnya,” tambah Boy.

General Manager Pertamina MOR VI Kalimantan Boy Frans J Lapian (kiri) saat menjelaskan kepada wartawan di SPBU di Samarinda. (Foto: Kate.id)

BAHAN BAKAR YANG TEPAT, MALAH BIKIN HEMAT

Kegiatan ini sekaligus dimaksimalkan Pertamina untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar menggunakan produk bahan bakar yang tepat. Sebab penggunaan bahan bakar yang tepat dapat membuat mesin kendaraan berumur panjang dan bahkan lebih hemat. Seperti produk gasoline yaitu Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo. Sedangkan, untuk kendaraan yang menggunakan gasoil yaitu Dex Lite dan Pertamina Dex.

Menurut Boy, sejatinya kendaraan yang diproduksi saat ini sudah tidak tepat menggunakan bahan bakar jenis RON 88 seperti premium. Kendaraan saat ini, kata dia, didesain mengacu pada tingkat bahan bakar yang lebih baik kualitasnya.

“Seperti RON 88, premium. Sesungguhnya tidak lagi sesuai dengan kendaraan – kendaraan yang diproduksi untuk kendaraan 2015 ke atas,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, apabila rasio kompresi pada mesin pembakaran semakin tinggi, maka membutuhkan kualitas bahan bakar yang semakin baik. Dan kendaraan baik R2 maupun R4 saat ini sudah menggunakan rasio kompresi yang tinggi.

“Sesungguhnya premium dan solar tidak mendukung itu (kendaraan saat ini, Red.). Karena seharusnya untuk kendaraan compression ratio (rasio kompresi) yang 8/1 atau 7/1 seperti kendaraan-kendaraan sudah lama, yang seharusnya sekarang di jalanan tidak ada lagi. Tapi mungkin karena harganya murah dan terjangkau oleh masyarakat makanya itu yang diambil,” jelasnya.

Kendaraan R2 menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo. (Foto: Kate.id)

Padahal, tutur Boy, pemakaian kendaraan dengan bahan bakar yang tepat sesuai dengan kendaraan, justru akan lebih murah dalam perawatan bahkan lebih hemat.

“Karena ketepatan pembakaran pada mesin itu akan lebih sempurna, sehingga kekotoran pada ruang bakar, pada knalpot itu bisa minimal. Sekalipun bahan bakarnya lebih mahal, tapi secara keseluruhan untuk perawatan mesin dan sparepart itu akan lebih murah,” tandasnya. (*)

Writer: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top