SAINS & TEKNO

Ponsel Meledak di Saku Celana, Lukai Kaki Pemiliknya

Sisa-sisa ponsel Xiaomi Redmi 6A yang meledak di India. (Foto: Fossbyte)

Kate.id – Ponsel pintar alias smartphone memiliki beragam fungsi yang memudahkan kehidupan seseorang. Namun bagaimana bila ponsel pintar tersebut justru menyebabkan bencana dan melukai pemiliknya. Insiden yang bukan kali pertama ini kembali terjadi, kali di India bagian selatan, tepatnya di wilayah Andhra Pradesh. Dikutip dari International Business Times, dilaporkan bila sebuah smartphone yang ada di saku celana seorang pria bernama Madhu Babu meledak. Akibatnya, Madhu terluka pada bagian kakinya.

Pria 31 tahun itu bertutur, awalnya dia hendak berangkat ke kantor. Tiba-tiba dia merasakan smartphone merek Xiaomi Redmi 6A miliknya yang disimpan di saku celananya terasa panas. Madhu lantas mendengar suara ledakan sebelum sadar bahwa ada asap dari saku celananya. Dia pun langsung mengeluarkan ponsel tersebut dari kantong celananya dan melemparkannya ke jalan di depan rumahnya.

Namun ledakan belum berhenti. Setelah dilempar, ponsel pintar itu kembali meledak dan mengeluarkan api. Malahan menurut Madhu, terbakarnya ponsel miliknya itu seperti ada orang yang menuangkan bensin dan membakarnya dengan api. Foto-foto yang beredar memperlihatkan perangkat ini terbakar habis. Madhu beranggapan, andai dia tidak menggunakan back case tambahan untuk ponsel yang dibeli April silam itu, dirinya pasti akan menderita luka serius pada saat ledakan pertama di saku celananya.

Insiden ini lantas mendapat perhatian dari pihak Xiaomi. Dalam pernyataannya, juru bicara Xiaomi India menyatakan bahwa keamanan pelanggan adalah hal terpenting dalam perusahaan alat komunikasi itu. Karenanya, Xiaomi mengaku akan benar-benar menyikapi ledakan tersebut dengan serius. Xiaomi juga menyebut bila semua perangkatnya telah melewati serangkaian pengujian untuk memastikan bahwa kualitas terjamin di semua level.

“Sampai saat ini, kami menginvestigasi masalah ini dan akan berbagi informasi sesegera mungkin, saat kami telah mendapatkan detail mengenai masalah ini,” bunyi pernyataan Xiaomi. Investigasi tengah dilakukan guna mencari tahu penyebab pasti masalah yang membuat ponsel tersebut meledak. (*)

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top