POLITIK

Termuda, Mahasiswa Unibraw Ini Resmi Jadi Anggota DPRD Kaltim

Romadhony Putra Pratama (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Sebanyak 55 Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) resmi dilantik, Senin (2/9/2019). Salah satu di antaranya adalah mahasiswa Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang asal Samarinda, Romadhony Putra Pratama. Ia menjadi anggota DPRD Kaltim termuda periode 2019-2024, terpilih sebagai legislator pada Pemilu 2019 daerah pemilihan (dapil) Samarinda, dari PDI- Perjuangan dengan meraih 11.299 suara.

Saat dilantik, usia Romadhony baru 22 tahun. Bahkan diakuinya, ia masih berstatus mahasiswa aktif semester akhir di Brawijaya Malang. “Sebenarnya Saya sudah selesai skripsi. Tinggal wisuda saja Oktober nanti,” ungkap pria kelahiran 13 Januari 1997 ini usia dilantik.

Romadhony tercatat sebagai mahasiswa fakultas hukum angkatan 2014. Dia dilantik dan diambil sumpah janjinya bersama 54 Anggota DPRD Kaltim lainnya yang terpilih pada Pemilu April 2019 lalu. Meski begitu, Romadhony mengaku tak ada rasa canggung menjadi anggota dewan termuda. Bahkan diakui ini menjadi tantangan baginya menjadi penyambung lidah rakyat.

Romadhony saat pelantikan. (Foto: sandy/kate.id)

Romadhony menegaskan perbedaan usia yang ia miliki dengan anggota dewan lain bukan jadi kendala dirinya melaksanakan tugasnya kedewanan. “Karena jarak usia yang cukup jauh ini, saya harus banyak berinteraksi dengan yang lebih tua, supaya nantinya tidak terkesan ada jarak,” kata putra sulung Ketua DPRD Kota Samarinda, Siswadi ini.

Soal perjuangan, Romadhony mengaku akan memperjuangkan aspirasi kaum milenial. Misalnya, dengan memperjuangkan industri ekonomi kreatif. “Banyak teman saya mulai konsen di ekonomi kreatif. Saya akan mendorong agar ada perhatian khusus terhadap pengembangan ekonomi kreatif di Kaltim,” ungkap dia.

Selain itu, Romadhony juga mengaku akan melakukan kampanye isu lingkungan. Seperti kampanye bebas plastik untuk mengurangi sampah plastik di Kota Tepian-Samarinda. “Misalnya saat ini Saya kemana-mana pakai tumbler dan tak lagi membeli air minum mineral kemasan dalam botol plastik,” akunya.

DISEBUT DOMPLENG ORANG TUA

Romadhony adalah putra dari ketua DPRD Kota Samarinda 2019-2024, Siswadi. Ia tak risau jika dianggap mendompleng polpularitas Ayahnya, yang juga sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Samarinda itu. Memang, pada saat Pemilu lalu, Romadhony kampanye paket dengan kedua orang tuanya. Sang Ayah Siswadi maju kembali sebagai calon Anggota DPRD Kota Samarinda, sedangkan ibunya, Rini Gustiana, maju sebagai caleg DPR RI dapil Kaltim.

Disebut mendompleng popularitas ayah, Romadhony mengaku tak risau. Malah dia mengakui sang Ayah menjadi mentornya dalam menjalani tugas sebagai wakil rakyat. “Terserah saja anggapan orang. Yang penting saya bekerja bagi masyarakat yang telah mempercayakan saya,” tuturnya.

Writer: Sandy Hidayat

Comments

BERITA TERBARU

To Top